10 Tahun ke Depan, Kota-kota di Dunia Memanas
berita
ILUSTRASI: Pixabay
RILIS.ID, Edmonton— Tiga belas kota di dunia diprediksi akan mengalami kenaikan suhu melebihi dua derajat celsius dalam waktu 10 tahun ke depan.

Ibu kota Rusia, Moskow, menghadapi potensi peningkatan tertinggi di antara lebih dari 100 kota yang masuk dalam laporan Jaringan Penelitian Perubahan Iklim Urban yang berbasis di Columbia University.

"Semuanya mengkhawatirkan," ujar William Solecki, salah satu editor penelitian tersebut kepada Thomson Reuters Foundation dalam sebuah pertemuan yang membahas iklim. 



Berdasarkan penelitian tersebut, kota-kota yang akan mengalami kenaikan suhu paling curam pada 2020 antara lain Helsinki di Finlandia (2,5 derajat celsius), Ottawa di Kanada (2,3 derajat celsius) dan Trondheim di Norwegia (2,3 derajat celsius).

Selain itu, para ahli mengatakan, badai, banjir dan fenomena cuaca ekstrem lainnya yang terkait dengan perubahan iklim sangat mungkin melanda kota-kota yang selama ini "jarang" dihantam sisi ganas dari alam.

Dampak dari bencana alam yang akan datang bahkan diprediksi melebihi jangkauan perkiraan para ilmuwan.

Solecki, yang juga merupakan profesor dari Hunter College di New York,  mengatakan, sejumlah hasil penelitian merekomendasikan agar setiap kota memiliki semacam sistem peringatan dini dan perlu mengembangkan rencana urban yang disesuaikan untuk mengurangi dampak perubahan iklim.

"Perencanaan sangat penting mengingat adanya tekanan dari urbanisasi," katanya.

Sekitar setengah populasi dunia tinggal di daerah perkotaan, dan angka tersebut diperkirakan mencapai 66 persen pada tahun 2050, menurut PBB.

Laporan baru ini diluncurkan di kota Edmonton, Kanada barat, di sela-sela pertemuan global, pada Selasa (6/3/2018), di mana para peneliti dan perencana kota membuat peta jalan bagi kota-kota untuk merespons dampak perubahan iklim.

Sumber: ANTARA

Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Dunia

Terkini

Dapatkan berita terkini setiap hari