5 Keuntungan Prabowo Pilih Anies Jadi Cawapres 
berita
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma
RILIS.ID, Jakarta— Nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan masuk dalam jajaran Calon Wakil Presiden (Cawapres) terkuat dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mendatang.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu disebut-sebut bakal mendampingi Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Hal itu dikatakan Wakil Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Andre Rosiade.

"Nama tersebut muncul karena komunikasi dan silaturahmi antara Prabowo dan Anies," kata baru-baru ini.

Bahkan survei Alvara, Anies dinyatakan sebagai tokoh yang paling diinginkan masyarakat untuk mendampingi Prabowo, dipilih oleh 60 persen dari 2.203 responden.

Anies juga mengalahkan beberapa nama lain, seperti Muhaimin Iskandar dan Agus Harimurti Yudhyono (AHY). Karena itu, nama Anies patut dipertimbangkan menjadi Cawapres mantan Danjen Kopassus itu.

Berikut 5 keuntungan Prabowo pilih Anies jadi cawapres yang dihimpun rilis.id. Selamat membaca.

1. Bangkitkan Kelompok Islam

Massa Bela Palestina di Jakarta. FOTO: RILIS.ID/Tio Pirnando

Pengamat politik dari Universitas Padjajaran, Bandung, Firman Manan menilai, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mempunyai modal politik untuk menjadi pendamping Prabowo Subianto di Pemilihan Presiden 2019 nanti. Salah satunya, membangkitkan pemilih Islam.

"Paling tidak kedekatan (pemilih Islam) modal politik itu. Memang menggunakan politik identitas bagaimana pun punya kedekatan itu. Modal politik yang punya di Anies terutama kelompok (Islam) itu," kata Firman.

Politik identitas, kata dia, bakal terwujud kembali bila mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu ikut dalam gelanggang pesta demokrasi tahun depan. 

"Sangat mungkin. Karena salah satunya modal elektoral (Anies) maju 2019," tambahnya

2. Jadi Lawan Terberat Jokowi

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

Pengamat politik dari Universitas Muhammadiyah Surabaya Umar Shalahuddin menilai, duet Prabowo Subianto dan Anies Baswedan berpotensi mengalahkan Joko Widodo (Jokowi) di Pemilihan Presiden  2019 nanti. Baik popularitas, maupun elektabilitas keduanya dianggap paling layak untuk melawan Jokowi. 

"Saya pikir keduanya tokoh potensial untuk bisa runing dalam Pilpres. Secara popularitas dan elektabilitas, Prabowo saat ini lebih tinggi. Dan Prabowo tokoh yang bisa kompetitif melawan petahana saat ini (Jokowi)," kata Umar.

3. Naikkan Popularitas

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Adi Prayitno, berpendapat Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto harus menggandeng Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai pendampingnya di Pemilihan Presiden 2019 nanti. 

"Kehadiran Anies bisa menderek popularitas Prabowo yang masih berjalan di tempat," ujar Adi.

4. Dongkrak Elektabilitas

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

Pengamat dari politik Universitas Paramadina, Jakarta, Toto Sugiarto menilai, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan paling potensial menjadi calon wakil presiden pendamping Prabowo Subianto di Pilpres 2019.

Menurutnya, elektabilitas Prabowo yang di bawah Joko Widodo harus didongkrak dengan pendamping yang populer. Anies, kata dia, memiliki itu. 

"Dari tokoh yang ada, elektabilitas yang baik hanya Anies Baswedan. Yang lainnya jauh dari Jokowi dan Prabowo," ujar Toto.

5. Punya Massa di Jakarta

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

Direktur Eksekutif Voxpol Center Reseach and Consulting Pangi Syarwi Chaniago menilai, Prabowo Subianto bakal mendapat kredit bila memilih Anies Baswedan sebagai pendampingnya. Misalnya, kata dia, dari aspek tingkat keterpilihan.

"Bagaimanapun, dia memiliki basis grass root (akar rumput) yang cukup kuat di DKI Jakarta. Elektabilitasnya juga makin terang dan bersinar. Paling tidak, bisa menaikkan atau mendongkrak elektabilitas Prabowo," ujar Pangi.

Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Elektoral

Terkini

Dapatkan berita terkini setiap hari