8,1 Juta Siswa Laksanakan UN 2018
berita
Konfrensi Pers Pelaksanaan UN. FOTO: RILIS.ID/Tio Pirnando
RILIS.ID, Jakarta— Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyatakan Ujian Nasional (UN) 2018 siap digelar pada bulan April mendatang. Tahun ini, UN diikuti 8,1 juta peserta didik dan 96 ribu satuan sekolah.

"Sebanyak 78 persen peserta didik siap mengikuti UN berbasis komputer (UNBK). Jumlah peserta UNBK tahun ini meningkat signifikan dari penyelenggaraan tahun lalu," kata Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP)  Bambang Suryadi, dalam konfrensi pers di Kantor Kemendikbud, Jakarta, Selasa (13/3/2018).

Dia mengatakan, tercatat sebanyak 6.293.552 perserta didik siap mengikuti UNBK. Jumlah tersebut meningkat mencapai 116 persen dari tahun sebelumnya, yang mencapai 3,7 juta peserta. 

Sedangkan provinsi yang siap menyelenggarakan juga 100 persen siap pada jenjang SMK, yaitu sebanyak Provinsi Aceh, Bangka Belitung, Banten, Bengkulu, D.I. Yogyakarta, DKI Jakarta, Gorontalo, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Lampung, NTB, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah. Sedangkan provinsi yang siap menyelenggarakan 100 persen UNBK pada jenjang SMP diantaranya DKI Jakarta dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

"UNBK telah terbukti efektif meningkatkan indek integritas dalam pelaksanaan UN. Tantangan kita berikutnya adalah meningkatkan prestasi dan capaian dalam UN. Untuk itu perlu ada perbaikan dan peningkatan proses pembelajaran," paparnya.

Sementara untuk pelaksanaannya, SMK akan dimulai pada 2-5 April, SMA/Madrasah Aliyah diselenggarakan tanggal 9-12 April. Kemudian untuk peserta didik yang tidak dapat mengikuti UN pada tanggal yang ditentukan bisa mengikuti UN susulan pada 7 dan 18 April 2018. Sementara SMP/Madrasah Tsanawiyah UN akan dilaksanakan pada 23-26 April. Lalu, UN susulan akan diselenggarakan pada 8-9 Mei 2028.

"Untuk pendidikan kesetaraan program paket C, UN dilaksanakan pada tanggal 27, 28 atau 29, 30 April dan 2 Mei 2018. Ujian nasional susulan untuk program paket B dan Paket C akan dilaksanakan pada tanggal 11-14 Mei 2018," tuntasnya.

Editor: Elvi R

Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Nasional

Terkini

Dapatkan berita terkini setiap hari