Fikri Suadu: HMI Butuh Pemimpin yang Berani Bersikap
berita
Fikri Suadu (baju batik) saat mendaftarkan diri sebagai Bakal Calon Kandidat Ketua Umum PB HMI Periode 2018-2020. FOTO: Facebook/Fikri Suadu
RILIS.ID, Jakarta— Calon Ketua Umum Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) Fikri Suadu mengatakan, HMI sebagai organisasi kemahasiswaan terbesar di Indonesia membutuhkan figur pemimpin yang tak hanya memiliki konsep, namun juga berani bersikap, dan keberanian dalam aksi nyata.

"Pertama, harus ada semangat baru yang tidak hanya sebatas narasi atau konsep tanpa aksi nyata. Kita butuh aksi nyata, dan butuh figur yang berani bersikap," kata Fikri di Jakarta, Rabu (14/2/2018).

Menurut mantan Direktur Eksekutif Bakornas LKMI PBHMI 2011-2013 itu, peran HMI selama ini belum maksimal tampil dalam ruang publik. Padahal, HMI punya peluang untuk mengambil peluang masuk mewarnai perdebatan publik.

Fikri mengatakan, HMI perlu pemimpin yang memiliki leadership yang kuat agar HMI bisa mengambil perannya memengaruhi opini publik. Selama ini, kritik Fikri, HMI tidak maksimal mengambil peluang itu lantaran dikotak oleh kepentingan pragmatis yang transaksional.

Terkait kondisi bangsa saat ini yang seakan terbelah antara kelompok nasionalis dan agama, Fikri menilai, HMI harus berada di tengah-tengah.

Menurutnya, perlu ada kelompok tengah yang tidak terafiliasi dengan kepentingan tertentu yang bisa menawarkan solusi-solusi kebangsaan.

"Untuk menjembatani itu butuh kelompok tengah yang tidak terafiliasi dengan kelompok tertentu. HMI harus mengambil peluang itu," pungkas Fikri.

Editor: Eroby JF


Tags
Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Muda

Terkini

Dapatkan Berita terkini setiap hari
contoh:nama@gmail.com