Gelar Rakernas, Hipmi: Pengusaha Besar Kita Hanya Itu-itu Saja
berita
Bahlil Lahadalia (kanan). FOTO: Istimewa.
RILIS.ID, Jakarta— Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP Hipmi) akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Senin, (27/3/2017) besok. Rakernas akan dibuka langsung Presiden Joko Widodo.

Ketua Umum BPP Hipmi Bahlil Lahadalia mengatakan  banyak masalah dunia usaha dan kebijakan ekonomi yang perlu mendapat perhatian utama. Karena itulah, Rakernas Hipmi bertema "Revolusi Ekonomi yang Berkeadilan dan Berkelanjutan".

"Gini rasio kita masih sangat besar, belum lagi ditambah persolaan yang mana pengusaha besar kita hanya itu-itu saja," papar Bahlil, di Jakarta, Minggu (26/3/2017.

Menurut Bahlil, hal itu terjadi karena selama ini pengusaha UMKM cenderung tak terperhatikan. Padahal, katanya, UMKM selalu dijadikan menjadi pahlawan saat krisis.

Bahlil pun berharap pemerintah memberi perhatian yang berkeadilan bagi UMKM. Ia mengatakan, pentingnya kesetaraan dalam bergandeng bersama-sama antara pengusaha keturunan dengan pribumi.

"UMKM di Indonesia terus bertambah, namun pelaku UMKM ini tidak mengalami peningkatan signifikan dari segi aset dan kapasitas usaha. Sedangkan usaha-usaha konglomerasi kian menggurita dan mengalami pertumbuhan aset yang spektakuler," tuturnya.

Pelaku usaha besar, ungkapnya, terus menggurita dan menciptakan ekosistem dunia usaha yang tidak sehat serta menciptakan harga di pasar yang tidak bersaing bagi konsumen.

Hal inilah, ucap Bahlil, yang membuat disparitas di dunia usaha makin membesar. Karena ada yang kurang sehat di kebijakan dan struktur industri tanah air.

"Ada yang menikmati insentif, ada yang kena disinsentif. Ada regulasi yang akomodatif, ada yang tidak bagi si kecil," ujarnya.

Menurut Bahlil, tantangan perekonomian terbesar Indonesia saat ini adalah bagaimana ke depan disparitas yang tinggi, baik di dunia usaha, maupuan secara sosial, itu bisa diatasi.

"Pemerintah Pak Jokowi-JK sudah menyadari hal ini dan Hipmi siap membantu pemerintah," tekadnya.


Tags
#Rakernas Hipmi
#Hipmi
#Bahlil lahadalia
Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Bisnis

Terkini

Dapatkan Berita terkini setiap hari
contoh:nama@gmail.com