Jokowi Cari Gubernur BI Baru, Ini Syaratnya
berita
ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafidz Faza
RILIS.ID, Jakarta— Pengamat Ekonomi Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Abra Talattov, memberikan catatan untuk kriteria calon Gubernur Bank Indonesia (BI).

Pertama, rekam jejak calon Gubernur BI harus bersih dan tidak terkait dengan kasus atau skandal penyimpangan kebijakan di masa lampau.

"Independen dan berintegritas, tidak berafiliasi dengan partai dan lepas dari kepentingan bisnis pribadi atu kelompok," katanya saat dihubungi rilis.id di Jakarta, Selasa (13/2/2018).

Abra menambahkan, calon Gubernur BI harus memiliki kapabilitas dan pengetahuan yang kuat terhadap tantangan dan risiko perekonomian global maupun domestik.

"Berorientasi pada pembangunan sektor riil domestik, kebijakannya harus mengarah pada optimalisasi fungsi intermediasi perbankan, sekaligus memperkuat mitigasi risiko dan krisis," ujarnya.

Selain itu, calon Gubernur BI harus berkomitmen menjunjung tinggi independensi Bank Sentral, dan berkomitmen tinggi menjaga inflasi, serta stabilitas nilai tukar rupiah.

Sebagai informasi, masa jabatan Gubernur BI Agus Martowardojo akan berakhir pada Mei 2018. Meskipun begitu, namanya masuk kembali sebagai calon gubernur BI periode 2018-2023.

Selain Agus Martowardojo, Presiden Joko Widodo telah mengantongi tiga nama calon Gubernur BI lainnya. Antara lain, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro, Mantan Menteri Keuangan Chatib Basri dan Deputi Gubernur BI Perry Warjiyo.
 

Editor: Intan Nirmala Sari


Tags
Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Bisnis

Terkini

Dapatkan Berita terkini setiap hari
contoh:nama@gmail.com