Pemerintah Tak Perpanjang Kontrak Dua Blok Migas Ini
berita
ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafidz Faza
RILIS.ID, Jakarta— Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Dirjen Migas) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ego Syahrial, mengatakan, akhir bulan ini, dua blok migas akan mengakhiri masa kontraknya. Kedua blok tersebut adalah, Blok Tuban, Jawa Timur (Jatim) dan Blok Komering, Sumatera Selatan (Sumsel). Blok Tuban Jatim akan berakhir 23 Februari 2018. Sedangkan, Blok Komering Sumsel berakhir 28 Februari 2018.

"Kedua blok itu, masuk daftar delapan blok terminasi (masa kontrak berakhir) yang selama ini dipegang oleh asing," katanya di Gedung Kementerian ESDM Jakarta, Senin (12/2/2018).

Sebelumnya, pada 2017 pemerintah memutuskan tidak memperpanjang kontrak perusahaan asing dan menyerahkan ke PT Pertamina untuk mengelola delapan blok tersebut. Dalam perjalanannya, dua blok itu dikonteskan pemerintah kepada kontraktor existing bersama blok lainnya.

"Pertamina diberi right to match (penawaran khusus) dari pemerintah, untuk kelola dua blok itu," imbuhnya.

Ego menyatakan, pihaknya sudah memberikan mandat berupa surat penugasan ke PT Pertamina untuk mengelola dua blok tersebut. "Itu penugasan ke Pertamina sudah (diberikan)," ujarnya.

Dengan begitu, lanjut Ego, PT Pertamina diharuskan mempertahankan produktivitas migas di dua blok tersebut, agar operasi migas bisa terus berjalan.

"Kedua blok itu rencananya akan dikelola oleh anak perusahaan Pertamina, yaitu PT Pertamina Hulu Energi (PHE)," pungkasnya.

Editor: Intan Nirmala Sari


Tags
Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Bisnis

Terkini

Dapatkan Berita terkini setiap hari
contoh:nama@gmail.com