Rizal Ramli: Pengetatan Fiskal Tak Ampuh Pulihkan Perekonomian
berita
FOTO: RILIS.ID/Ainul Ghurri
RILIS.ID, Jakarta— Ekonom Senior Rizal Ramli, mengeluhkan sikap pemerintah yang menerapkan pengetatan fiskal berkali-kali, namun tetap gagal. Menurutnya, kebijakan tersebut tak berhasil membuat rakyat senang. 

"Sudah pasti stagnan, austerity (penghematan) ini sudah gagal puluhan tahun oleh Amerika Latin dan Yunani. Kalau kita melakukan pengetatan, kita ada uang hanya untuk bayar kreditor," ungkapnya saat mengisi diskusi bertajuk Ekonomi Indonesia di Tahun Politik, di Kantor DPP PAN Jakarta, Rabu (14/2/2018).

Bahkan, menurutnya, kebijakan pengetatan fiskal membuat kreditor semakin untung. Sehingga, Rizal meyakini ekonomi nasional di tahun politik ini tidak dapat meningkat.

"Kreditor akan senang banget karena ada pengetatan itu, karena ada peluang kita bayar kreditor. Ada yang bilang ekonomi kita (tumbuh) 5,3-5,4 persen. Tapi saya ramalkan bakal stagnan di 5,0 persen lagi," ujar Mantan Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Industri (EKUIN) era Gusdur itu.

Meski begitu, ia memprediksikan masyarakat golongan menengah ke atas akan tetap bertahan ketika perekonomian Indonesia merosot. Namun dampak besarnya, akan dirasakan bagi masyarakat golongan ke bawah.

"Berdasarkan pengalaman, setiap ada krisis, golongan menengah ke atas makin kaya, karena beli aset murah, jadi kalau sulit pun mereka akan lebih baik. Tapi menengah ke bawah akan semakin kesulitan, dan daya beli merosot karena pemutusan hubungan kerja (PHK)," pungkasnya.

Editor: Intan Nirmala Sari

Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Bisnis

Terkini

Dapatkan berita terkini setiap hari