Saran Fadli Zon bila Pemerintah Ingin Terapkan Program Redistribusi Lahan
berita
Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon. FOTO: RILIS.ID/ Indra Kusuma.
RILIS.ID, Jakarta— Presiden Jokowi melontarkan gagasan redistribusi lahan kepada masyarakat kecil dengan menyiapkan 12,7 juta hektare lahan untuk dibagikan.

Presiden juga berencana mempercepat sertifikasi tanah agar masyarakat bisa segera memiliki bukti kepemilikan aset yang sah. Atas semua program ini Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon memiliki saran bagi pemerintah.

Menurut Fadli, program redistribusi lahan secara prinsip sangat penting tidak hanya untuk mengatasi problem penguasaan tanah yang tidak adil, tapi juga untuk menangani ketimpangan struktural yang terjadi di tengah masyarakat kita.

Baca Juga

"Sejauh ini problem ketimpangan juga masih ditangani secara parsial, jangka pendek, serta hanya menyentuh penguatan sisi konsumsi masyarakat dibanding produksi," ujar Fadli di Jakarta, Jumat (24/3/2017).

Fadli pun mengingatkan agar jangan sampai program reforma agraria dilaksanakan hanya sebatas program bagi-bagi lahan.

"Orientasi reforma agraria harus juga menyentuh pada aspek pemberdayaan produktifitas yang penting bagi penanganan ketimpangan struktur sosial ekonomi masyarakat," tuturnya.

Selain itu, kata Fadli, ada tiga aspek yang penting diperhatikan dalam program redistribusi lahan. Pertama, kesiapan regulasi. Kedua, verifikasi status dan luas Tanah Obyek Reforma Agraria (TORA). Ketiga, kriteria kelompok masyarakat yang menjadi obyek penerima, termasuk juga bagaimana status penguasaan tanah k edepannya.

"Hal tersebut penting agar jangan salah target dan justru menimbulkan konflik agraria baru ke depannya," paparnya.


Tags
#Redistribusi Lahan
#Reforma Agraria
Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Nasional

Terkini

Dapatkan Berita terkini setiap hari
contoh:nama@gmail.com