Tragedi Gudang Mercon, Saleh Daulay: Ada Kelalaian dalam Perizinan
berita
Wakil Ketua Komisi IX Saleh Daulay. FOTO: Humas DPR
RILIS.ID, Jakarta— Wakil Ketua Komisi IX DPR Saleh Daulay menduga ada unsur kelalaian dalam pemberian izin pabrik kembang api di Kosambi, Tangerang, Provinsi Banten.

Saleh mengatakan, kawasan yang banyak fasilitas umum dan kawasan padat penduduk semestinya tidak diizinkan untuk beroperasinya pabrik. Pasalnya, area padat penduduk mesti steril dari ancaman bahaya.

"Pembangunan pabrik petasan di kawasan padat penduduk dinilai tidak selayaknya diberi izin. Ada kesan bahwa izin operasional pabrik tersebut dikeluarkan tanpa kajian yang baik," kata Saleh Daulay di Jakarta, Jumat (26/10/2017).

Kebakaran pabrik di Kosambi ini menelan banyak korban. Menurut catatan kepolisian, ada 47 korban meninggal dan puluhan lainnya luka bakar dengan tingkat luka bervariasi.

Politisi asal Sumatera Utara itu meminta Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) segara melakukan penyelidikan terkait kecelakaan tersebut. Kecelakaan yang menurut politisi PAN ini relatif besar agar diusut sampai tuntas oleh pihak kementerian.

"Mesti diusut secara tuntas agar diketahui siapa saja yang bertanggung jawab di balik kecelakaan tersebut," pungkasnya.

Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Nasional

Terkini

Dapatkan berita terkini setiap hari