Alternatif Mengolah Sampah Plastik Menjadi BBM
berita
Dimas memasukkan sampah plastik kedalam tabung reaksi alat daur ulang ciptaannya. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma: RILIS.ID/Indra Kusuma
Permasalahan sampah dari hari ke hari semakin memuncak. Volume sampah yang terus meningkatkan lama kelamaan bisa menjadi bom waktu, apalagi masalah sampah plastik yang sangat sulit terurai dalam tanah, membutuhkan waktu bertahun-tahun. Hal ini menciptakan permasalahan sendiri dalam penanganannya. 

Pembuangan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah bukan solusi yang bijak dalam penanganan sampah plastik ini. Berdasarkan data Jambeck, Indonesia berada di peringkat kedua dunia penghasil sampah yang mencapai 187,2 juta ton setelah Cina yang mencapai 262,9 juta ton. 

Penanganan sampah plastik, memberikan ide bagi Dimas Bagus Wijanarko. Walaupun bukan menjadi orang yang pertama namun pria lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) ini dengan bermodal alat seadanya berhasil menemukan formula menyulap sampah plastik menjadi bahan bakar alternatif. 


Dimas memasukkan sampah plastik kedalam tabung reaksi alat daur ulang ciptaannya. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

Dengan proses pyrolysis menggunakan sistem destilasi kering, yaitu pembakaran dengan oksigen sangat ringan. Alat ciptaan Dimas ini dapat menghasilkan 1 liter minyak mentah dari 1 kg sampah plastik. Mesin sederhana tersebut memiliki kapasitas hingga 20 liter sampah plastik dan membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam untuk mengolahnya menjadi minyak mentah. 


Alat pengolah limbah plastik menjadi bahan Bakar minyak. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

Ditengah permasalahan keterbatasan biaya yang dimilikinya, tidak membuat bapak satu anak ini berhenti menciptakan mesin prototipe daur ulang sampah plastik tersebut di halaman rumahnya di kawasan Pancoran, Jakarta. Tidak jarang dia menyumbangkan mesin ciptaannya untuk yang kelompok yang membutuhkan, seperti petani atau nelayan didaerah yang sulit memperoleh BBM. 

Dengan alat daur tersebut diharapkan dapat membantu mengurangi populasi sampah plastik di Indonesia yang menurut data KLHK mencapai 9,52 juta ton pada tahun 2019 mendatang. 


Dimas mempersiapkan mesin daur ulang sampah plastiknya. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma


Dimas mempersiapkan mesin daur ulang sampah plastiknya. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma


Setelah melalui proses pyrolysis dihasilkan bahan Bakar minyak daur ulang dari sampah plastik. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma


Setelah melalui proses pyrolysis dihasilkan bahan Bakar minyak daur ulang dari sampah plastik. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma


Gas hasil proses daur ulang masih bisa dipergunakan sebagai bahan bakar. FOTO:  RILIS.ID/Indra Kusuma 


Sisa pembakaran daur ulang plastik bisa digunakan sebagai bahan bakar jenis briket. FOTO:  RILIS.ID/Indra Kusuma 


Dimas memperlihatkan bahan bakar daur ulang sampah plastik hasil mesin ciptaannya. FOTO:  RILIS.ID/Indra Kusuma


Tags
Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

TOP FOTO ESSAY

Terkini

Dapatkan berita terkini setiap hari