Asal-usul Tanjakan Emen yang Penuh Misteri
berita
Kecelakaan di Tanjakan Emen. FOTO: Instagram/@ seputar_bandungraya
RILIS.ID, Jakarta— Tanjakan Emen di Kecamatan Cianter, Jawa Barat kembali jadi sorotan. Sebuah minibus mengalami kecelakaan, Senin (12/3) kemarin. Akibatnya, belasan orang terluka.

Tragedi di Tanjakan Emen ini adalah yang kedua kalinya dalam kurun waktu sebulan terakhir. Sebelumnya, kecelakaan di tempat yang sama terjadi 10 Februari 2018. Sebanyak 27 orang tewas dalam kecelakan bus pariwisata saat itu.

Mungkin banyak orang bertanya-tanya, bagaimana asal-usul Tanjakan Emen yang rawan kecelakaan tersebut?

Melansir dari berbagai sumber, nama tanjakan itu diambil dari seorang bernama Emen. Dia adalah sopir oplet bermuatan ikan asin jurusan Bandung-Subang yang tewas akibat kecelakaan di tanjakan tersebut sekitar 1960-an.

Sejak kecelakaan yang menewaskan Sopir Emen, jalanan tersebut kemudian dinamai Tanjakan Emen dan beken hingga sekarang.

Namun, dari cerita yang beredar, tanjakan itu dianggap angker dan penuh misteri. Kejadian aneh kerap menimpa pengendara saat melewati kawasan ini, mulai dari kendaraan tiba-tiba mogok, ada yang kerasukan, hingga seringnya terjadi kecelakaan.

Korban tabrak lari

Cerita lainnnya, asal-usul Tanjakan Emen bukan berasal dari kisah Sopir Emen, tapi dari nama korban tabrak lari.

Warga sekitar percaya, arwah Emen gentayangan karena meninggal tak wajar. Konon, jasadnya disembunyikan di semak belukar dan pepohonon sekitar kawasan itu. Anda percaya?

Rawan kecelakaan bisa saja terjadi lantaran kondisi jalan yang tak seimbang. Atau bisa juga karena kelalaian si pengendara itu sendiri.

Guna mencegah kecelakaan kembali terjadi, petugas memasang rambu tambahan dan jalur darurat. Bahkan, kementerian perhubungan mengubah nama Tanjakan Emn jadi Aman.

Ingat, kisah Emen itu hanyalah mitos yang beredar di masyrakat, entah benar atau tidak. Anda pun tak harus mempercayainya.

Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Kronik

Terkini

Dapatkan berita terkini setiap hari