Awas 'Jebakan Batman', Prabowo-Sandiaga Bakalan Gagal di Pilpres Kalau...
berita
Prabowo - Sandiaga bersama dengan Agus Harimurti Yudhoyono. FOTO: Istimewa.
RILIS.ID, Jakarta— Pasangan calon Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno diminta mengkoordinasikan ormas dan elemen-elemen masyarakat yang berpotensi memilih mereka pada Pilpres 2019.

Ketua Umum Front Komunitas Indonesia Satu, M Julian Manurung, mengatakan hal ini harus dilakukan pasangan calon ini dengan membuka diri dan menjalin komunikasi dengan ormas dan elemen-elemen masyarakat lainnya.

"Kekuatan pro oposisi bak bola salju yang terus membesar dan mengkristal. Tetapi jika tidak dikoordinasikan secara maksimal, Prabowo bisa gagal lagi di pilpres seperti pada 2014," kata Julian seperti dikutip Antara pada Kamis (13/9/2018).

Kegagalan Prabowo yang ketika itu diakuinya karena tidak karena terakomodasinya secara maksimal dukungan dari berbagai elemen masyarakat. Ini harus jadi introspeksi bagi koalisi Prabowo.

Ironisnya, ketika itu Prabowo-Hatta gagal di Pilpres 2014, tetapi parpol pendukung mendulang kursi di parlemen. Kata dia, saat ini banyak info dari daerah tentang adanya tekanan kepada relawan sehingga dikhawatirkan mereka goyah mendukung Prabowo-Sandiaga.

"Kasat mata kita melihat kejadian-kejadian penolakan gerakan `Ganti Presiden 2019 di sejumlah daerah, namun parpol pendukung Prabowo-Sandi di daerah-daerah itu diam seribu bahasa dan tertidur nyenyak di kursi legislatif," katanya.

Menurutnya, Prabowo dan Sandiaga harus mampu mengakomodasi serta menyatukan visi, strategi dan berbagai aksi untuk memenangi pilpres nanti. Jangan sampai silau dengan opini dan dukungan yang ada sekarang

"Sebab ada 'jebakan Batman' di balik fenomena itu," ungkap dia.

"Segeralah selenggarakan Rembuk Nasional Ormas dan Relawan Prabowo-Sandi. Ingat, keberadaan pro oposisi di luar parpol pendukung itu sangat besar," tegas Julian.

Sebelumnya, Sekjen Partai NasDem Johny G Plate menyatakan optimistis kalau masyarakat Nahdlatul Ulama (NU) akan solid mendukung pasangan calon Jokowi-Ma'ruf Amin. Hal ini menyikapi sinyal kubu Prabowo yang ingin menggandeng NU lewat Yenny Wahid.

"Masyarakat NU itu sangat solid mendukung pasangan Jokowi-Ma'ruf," kata Johny di Posko Pemenangan Cemera Jakarta.

Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Elektoral

Terkini

Dapatkan berita terkini setiap hari