Bangkit Bersama Infina, UKM dan UMKM Indonesia Berjaya di Rumah Sendiri
berita
Founder Infina, Oktora Irahadi. FOTO: Istimewa
RILIS.ID, Jakarta— Pandemi virus corona yang terjadi pada 2020 ini bukan saja bencana bagi komunitas global, tapi juga menyerang hampir seluruh aspek kehidupan mulai dari sektor kesehatan yang terpukul hebat, bidang pendidikan yang berubah total hingga tentunya Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Indonesia yang sempat babak belur.  
  
Sekelompok anak bangsa dari berbagai latar industri kreatif yang prihatin dengan kondisi ini memberikan secercah harapan dengan melahirkan platform digital bernama Infina yang membantu kalangan usaha kecil seperti UKM dan UMKM untuk dapat memasarkan produk atau jasanya di dunia digital dengan cara berbeda. 
  
Founder Infina, Oktora Irahadi, mengatakan, 
Infina artinya adalah influencing Indonesia dan telah diluncurkan bertepatan dengan bulan kemerdekaan Republik Indonesia dengan misi ingin membantu para UKM dan UMKM Indonesia yang saat ini jumlahnya ada sekitar 64 juta berdasarkan data Kemenkop pada 2019, untuk bisa bangkit dan memaksimalkan potensinya yang besar. 

"Kami percaya bahwa dengan bergandengan tangan, kita akan menjadi semakin kuat dalam memajukan UKM dan UMKM Indonesia bersama-sama dengan para influencer Indonesia. Ini adalah ruang saling bantu yang bertujuan memajukan ekonomi Indonesia. Infina merupakan rumah yang tepat bagi UKM dan UMKM serta influencer Indonesia untuk saling terhubung dan maju bersama", kata Oktora Irahadi, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (22/8/2020).
  
Di sisi lain, ada sekitar 400 ribu lulusan S-1 setiap tahunnya di Indonesia, belum termasuk sekolah kejuruan. Dalam 15 tahun ke depan akan ada sekitar 12 juta angkatan kerja baru yang membutuhkan pekerjaan.

Melihat kondisi pandemi saat ini, tentu akan menjadi tantangan bagi Indonesia. Infina merangkul tenaga kerja Indonesia untuk tidak hanya tergantung kepada pemberi kerja, namun juga bisa berdaya untuk menciptakan lapangan kerja atau penghasilan tersendiri sekaligus membantu para UKM dan UMKM Indonesia. 
  
Selain menghubungkan para UKM dan UMKM dengan influencer untuk jejaring lebih luas lagi, platform Infina juga turut menyediakan jasa yang akan membantu UKM dan UMKM dalam mengembangkan bisnisnya mulai dari jasa konsultasi pemasaran secara daring, jasa desain visual, jasa videografi termasuk berbagai workshop manajemen pengiklanan.  
  
Dalam rangka hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75, Infina meluncurkan kampanye promosi diskon sebesar 75 persen bagi 750 UKM Indonesia pertama untuk memasarkan produknya menggunakan jasa para influencer. 
     
Mekanisme untuk program ini terbilang mudah, para influencer yang memiliki follower di atas 1000 bisa ikut bergabung dan mendaftar di www.infina.id sebagai influencer. Nantinya deretan influencer ini akan dipilih oleh para UKM dan UMKM yang telah bergabung di Infina untuk membantu memasarkan produk mereka.

Menariknya, satu postingan para influencer akan dihargai mulai dari Rp15.000. 

Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Bisnis

Terkini

Dapatkan berita terkini setiap hari