BPK Sebut Opini WTP adalah Keharusan
berita
Gedung BPK. FOTO: Istimewa.
RILIS.ID, Padang— Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mengingatkan bahwa opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) bukanlah sebuah prestasi, melainkan sebuah keharusan.

Opini WTP merupakan hasil pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) instansi pemerintah, baik pusat maupn daerah.

"Di daerah ada yang berujar kami saat ini sebenarnya baru bisa dapat opini Wajar Dengan Pengecualian, tapi malah dapat opini WTP sehingga merasa bangga, ini perlu diluruskan," Kepala BPK perwakilan Sumbar, Pemut Aryo Wibowo di Padang, pada Rabu (16/5/2018).

Ia menjelaskan, penyajian laporan keuangan pemerintah daerah normalnya memang harus mendapatkan opini WTP.

Ibaratnya, ia menganalogikan bahwa kalau ada mobil bisa jalan itu normal, demikian juga laporan keuangan pemerintah daerah kalau dapat WTP memang seharusnya.

Pemut melihat, pandangan terhadap status opini WTP perlu diluruskan walau fakta di lapangan memang dijumpai masih ada pemerintah daerah yang belum mendapatkan opini tersebut.

Ia mengatakan, opini WTP itu diberikan setelah BPK melihat dan meneliti penyajian laporan wajar, akan tetapi yang jauh lebih penting adalah kinerja dan efektivitas penggunaan anggaran.

"Jadi, ke depan audit BPK tidak lagi sebatas penyajian laporan tapi apakah anggaran yang digunakan benar-benar efektif dan tepat sasaran," kata dia.

Ia memberi contoh, misalnya daerah membuat program mengentaskan kemiskinan maka yang dilihat apakah program itu berhasil, berapa pengurangan orang miskin bukan hanya cara menyajikan laporan keuangan program.

Ke depan, BPK akan melakukan audit tematik untuk lebih fokus pada melihat bagaimana kinerja anggaran selain melakukan audit laporan keuangan, katanya.

Ia mengaku,i selama ini pemerintah daerah berlomba-lomba mendapatkan opini WTP dalam laporan keuangan dengan berbagai strategi, akan tetapi jangan sampai mengabaikan kinerja anggaran.

Sumber: ANTARA

Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Nasional

Terkini

Dapatkan berita terkini setiap hari