Bumil, Inilah Asupan Nutrisi Wajib Dikonsumsi Setiap Hari
berita
ILUSTRASI: Istimewa
RILIS.ID, Jakarta— Bagi ibu hamil (bumil), mencukupi asupan nutrisi dan vitamin itu penting. Selain untuk menjaga kesehatan diri, juga demi kebaikan dan kelancaran tumbuh kembang si jabang bayi dalam kandungan.

Namun, bumil juga perlu tahu apa saja vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan dan wajib di konsumsi selama masa kehamilan. Melansir dari WebMd, inilah tiga nutrisi paling penting untuk ibu hamil.

1. Asam Folat

Saat periksa kandungan, nutrisi pertama yang paling dianjurkan dokter adalah asam folat. Asam folat berguna untuk menjaga perkembangan sehat otak bayi dan mencegah cacat. Umumnya, nutrisi ini disarankan dikonsumsi sejak masa awal kehamilan awal. Bisa dimulai dari minggu pertama hingga 12 minggu awal kehamilan.

Asam folat bisa didapatkan dari suplemen khusus kehamilan. Tapi, bisa juga dari makanan seperti hijau, buah-buahan asam, hingga biji-bijian atau kacang-kacangan.

2. Kalsium

Kalsium juga sangat penting untuk ibu hamil. Ini dibutuhkan untuk menjaga kekuatan dan kekuatan tulang sang ibu. Si jabang bayi sendiri akan cenderung menyerap kalsium dari tubuh ibu untuk kebutuhan hampir sama. Kalsium bisa diperoleh dari suplemen atau dari makanan seperti susu, ikan, brokoli, bayam, tahu dan kedelai.

3. Zat Besi

Zat besi dibutuhkan ibu untuk menjaga kesehatan sel darah merah yang mengangkut oksigen, juga dibutuhkan bayi dalam pembentukan sel darah merah dan sel-sel tubuhnya. Zat besi bisa didapat dengan minum suplemen penambah darah, atau dari makanan seperti bayam, ikan, daging (baik unggas maupun daging merah), kacang merah dan telur. Pastikan bunda mengonsumsinya setiap hari ya!

Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Gaya Hidup

Terkini

Dapatkan berita terkini setiap hari