Dorong Ekonomi Umat, OJK Jadikan Tiga Lembaga Ini Model
berita
FOTO: Humas OJK
RILIS.ID, Tanara, Serang— Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso mengatakan, Bank Wakaf Mikro, LEUmart dan Koperasi Mitra Santri Nasional (KMSN) dapat menjadi model sinergisasi lembaga pemberdayaan ekonomi umat di Indonesia. 

Pada Rabu (14/3/2018) OJK luncurkan program Bank Wakaf Mikro di An Nawawi Tanara, LEUmart dan KMSN di Serang, Banten. "Ke depan, sinergi Bank Wakaf Mikro, LEUmart dan KMSN dapat menjadi model sinergisasi lembaga-lembaga pemberdayaan ekonomi umat di Indonesia," ungkapnya.

Saat ini, Bank Wakaf Mikro An Nawawi Tanara telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp140 juta, dengan total nasabah terdaftar sebanyak 161 nasabah, dan berasal dari 7 desa di Kecamatan Tanara. Jenis usaha nasabah sangat beragam, mulai dari pedagang kecil barang kebutuhan sehari-hari, penjual makanan keliling, peternakan, pedagang pasar, dan jenis usaha lainnya.

Skema pembiayaan melalui Bank Wakaf Mikro adalah pembiayaan tanpa agunan, dengan nilai maksimal Rp3 juta dan margin bagi hasil setara 3,0 persen. Selain itu, dalam skema pembiayaan Bank Wakaf Mikro juga disediakan pelatihan dan pendampingan, serta pola pembiayaan yang dibuat per kelompok atau tanggung renteng. 

Lembaga ini tidak diperkenankan mengambil simpanan dari masyarakat, karena memiliki fokus pemberdayaan masyarakat melalui pembiayaan disertai pendampingan usaha. Lembaga ini juga berstatus sebagai Lembaga Keuangan Mikro Syariah, yang diberi izin dan diawasi oleh OJK.

“OJK akan terus mendorong program Bank Wakaf Mikro ke pesantren-pesantren lainnya, agar diperbanyak jumlahnya dan diperluas cakupannya sesuai arahan Presiden,” kata Wimboh.

Melalui program ini, OJK mengharapkan Bank Wakaf Mikro dapat menjadi akselerator pengembangan keuangan Syariah. Selain Presiden Joko Widodo, hadir juga dalam acara peresmian Ketua MUI, K.H. Ma’ruf Amin, beberapa menteri kabinet kerja dan Gubernur Banten Wahidin Halim.
 

Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Bisnis

Terkini

Dapatkan berita terkini setiap hari