DPR Usulkan Pemerintah Beri vaksin COVID-19 Gratis
berita
Ilustrasi vaksin COVID-19. ILUSTRASI: RILIS.ID/Dendi S.
RILIS.ID, Jakarta— Anggota Komisi VI DPR RI Marwan Jafar mendorong pemerintah dalam hal ini Kementerian BUMN untuk memberikan vaksin COVID-19 secara gratis kepada masyarakat, khususnya warga kurang mampu.

Menurutnya, pemberian vaksin COVID-19 secara gratis tidak hanya kepada masyarakat yang terdaftar BPJS Kesehatan, namun juga kepada masyarakat informal berpenghasilan rendah.

"Bagi masyarakat yang kurang beruntung secara ekonomi harus diberikan secara gratis, tidak hanya yang masuk BPSJ Kesehatan, tetapi juga kepada BPJS Ketenagakerjaan, penerima bansos, BLT (bantuan langsung tunai), tukang gorengan, juga termasuk wartawan," ujar Marwan saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Direktur Utama PT Bio Farma di kompleks DPR RI, Jakarta, Kamis (11/9/2020).

Marwan juga menilai pemberian vaksin COVID-19 secara gratis kepada masyarakat kurang mampu merupakan bukti bahwa negara hadir di tengah-tengah situasi pandemi. Ia meminta pemerintah harus transparan terhadap keselamatan dalam penggunaan vaksin tersebut.

Selain itu, Marwan juga meminta BUMN farmasi harus mengantisipasi kekuatan produksi vaksin tersebut sehingga perlu menggandeng perusahaan farmasi raksasa untuk transfer teknologi dan ilmu pengetahuan sebagai bentuk mempersiapkan investasi bidang kesehatan.

"Soal keselamatan, kalau ada masalah, harus transparan dan harus diumumkan kepada publik," katanya.

Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top DPR Corner

Terkini

Dapatkan berita terkini setiap hari