DPRD Jatim Akan Revitalisasi Puluhan Perda Mandul
berita
DPRD Jatim. ILUSTRASI: Istimewa
RILIS.ID, Surabaya— DPRD Jawa Timur akan mengusulkan melakukan revitalisasi terhadap peraturan daerah atau Perda yang mandul. Hal itu disampaikan oleh ketua DPR Jawa Timur Anik maslachah pada senin 13 Januari 2019.

Anik menilai, revitalisasi itu perlu dilakukan karena banyak Perda yang tidak bermanfaat setelah dikaji ulang. Pada 2019 lalu,  misalnya, dari kajian komisi A DPRD Jatim,  ada sekitar 50 Perda yang bertabrakan dengan peraturan pemerintah dan undang-undang yang baru saja disahkan,  sehingga harus dilakukan evaluasi untuk dicabut. 

"Maka ada memang kalau nggak salah tahun kemarin sekitar 50an hasil kajian Perda kurang berlaku dan tumpang tindih dan harus ada revitalisasi Perda, " katanya. 

Dihadapkan,  dengan adanya pencabutan Perda maka penyerapan APBD dan pembangunan di Jatim bisa lebih optimal. Karena tidak ada Perda yang bertabrakan atau tumpamg tindih dengan UU atau PP dari pemerintah pusat. 

"Jadi jangan sampai akhirnya semakin banyak Perda malah menyulitkan," tambahnya. 

Dikatakan Anik, pencabutan Perda yang mandul dan tidak optimal itu merupakan bagian dari upaya DPRD Jatim untuk mendukung program dan kebijakan Omnibus Law yang sudah diputuskan oleh pemerintah pusat.

Editor: Elvi R



Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Daerah



Terkini



Dapatkan berita terkini setiap hari