Dukung #Bekerja, BPTP Banten Distribusikan Benih Petai dan Jengkol
berita
FOTO: Humas Balitbangtan
RILIS.ID, Jakarta— Provinsi Banten merupakan salah satu wilayah dari 10 provinsi prioritas kegiatan Program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera atau #Bekerja dari Kementerian Pertanian.  

Program #Bekerja ini merupakan program yang diluncurkan oleh Kementerian Pertanian sebagai upaya mengentaskan kemiskinan sesuai tujuan program Nawacita yang dicanangkan oleh Pemerintah Republik Indonesia.

Adapun sasaran lokasi Program #Bekerja di Provinsi Banten adalah Rumah Tangga Miskin (RTM) di Kabupaten Pandeglang yang terpusat pada 3 kecamatan, yaitu Kecamatan Saketi, Kecamatan Cipeucang dan Kecamatan Keroncong.

Sebagai salah satu bentuk dukungan terhadap Program #Bekerja, BPTP Banten telah melakukan distribusi benih petai dan jengkol ke empat desa sasaran di Kecamatan Saketi, yaitu Desa Sindanghayu, Desa Medalsari, Desa Langensari dan Desa Sukalangu, dengan total bantuan benih sebanyak 5.300 batang.  

Secara agroekosistim, keempat desa tersebut merupakan wilayah yang cocok bagi pertumbuhan petai dan jengkol. 

Keunggulan kedua jenis tanaman ini yaitu keduanya merupakan  tanaman yang cukup bernilai ekonomis karena harga jual buahnya cukup menjanjikan dan diminati oleh sebagian besar masyarakat, meskipun ketersediaannya di pasaran cenderung fluktuatif.

Kebutuhan konsumsi akan kedua jenis tanaman ini juga sering dikaitkan dengan khasiat kesehatan yang terkandung pada buahnya.

Buah petai dan jengkol diyakini bisa mengendalikan penyakit diabetes, jantung, kolesterol dan berbagai jenis penyakit lainnya.

Pada proses distribusi  di empat desa tersebut, dengan antusias warga menyambut kedatangan benih dan membantu proses bongkar dan distribusi ke RTM. 

RTM pada keempat desa tersebut, diharapkan segera melakukan pemindahan ke lahan terhadap benih yang dibagikan dan selanjutnya melakukan pemeliharaan dengan seksama sehingga benih dapat tumbuh secara optimal menjadi tanaman yang menghasilkan.

Seperti halnya provinsi lain, prioritas jenis bantuan yang akan disalurkan pada RTM dalam Program #Bekerja di Provinsi Banten adalah ternak ayam kampung dan berbagai benih buah unggul.  

Dengan demikian, dari semua bantuan yang diberikan diharapkan dapat menjadi sumber pendapatan bagi RTM sebagai upaya pengentasan kemiskinan.

Sumber: Balitbangtan

Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Bisnis

Terkini

Dapatkan berita terkini setiap hari