Elektabilitas SMI Rendah, Jokowi Harus Kerja Keras
berita
FOTO: RILIS.ID/Sri Mulyani
RILIS.ID, Surabaya— Pengamat politik dari Universitas Airlangga Sukowidodo menilai, Presiden Joko Widodo (Jokowi) harus bekerja lebih keras jika menggandeng Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati (SMI) sebagai calon wakil presidennya (cawapres). Pasalnya, meski nama Menkeu itu 'harum' di mata internasional, namun elektabilitas SMI rendah.

"Pasangan ini punya plus-minus. Untuk bangun trust internasional memang bagus, tapi kan trust ke pemilih jauh lebih penting. SMI kurang punya daya pilih dibanding tokoh lain di mata publik pemilih," katanya Selasa (13/3/2018).

Selain itu, Menkeu juga tidak punya posisi yang kuat di partai politik. Kendati demikian, SMI yang merupakan tipe pekerja bisa meringankan beban Jokowi menjalankan roda pemerintahan. "Sri Mulyani adalah tipe pekerja. Tapi tidak punya pengalaman di bidang politik dan kedekatan juga kurang," tambahnya. 

Untuk menaikkan elektabilitas, jika memang Jokowi berduet dengan SMI, maka harus lebih gencar disosialisasikan di grass root. "Tapi jika dipasangkan, maka Bu SMI harus banyak dikenalkan langsung ke masyarakat," pungkasnya. 

Editor:

Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Elektoral

Terkini

Dapatkan berita terkini setiap hari