Ini Caranya agar Anak Tak Stres Jelang UNBK
berita
ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafidz Faza
RILIS.ID, Jakarta— Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) menjadi masa-masa menegangkan tak hanya bagi siswa, tapi juga orang tua. 

Namun, alih-alih orang tua ikut-ikutan tegang karena anak mau ujian, lebih baik bantu mereka terbebas dari stres, bantu juga belajarnya. Bagaimana caranya?

Berikut beberapa tipsnya seperti dilansir dari The Times of India:

Temani anak

Sering kali, orang tua membiarkan anaknya belajar sendirian. Memang, anak membutuhkan ketenangan dan konsentrasi tinggi saat belajar di rumah. Namun, tanpa pengawasan dalam waktu lama juga bukanlah cara terbaik.

Sebaliknya, ajak mereka sesekali bermain dan menikmati aktivitas lainnya, serta ajak bicara anak tentang perasaan mereka jelang ujian nasional. Ini akan membantu mereka dalam menghilangkan stres dan kecemasan.

Jangan mengomel

Jika Anda punya kebiasaan mengomel di rumah, sebaiknya setop dulu. Apalagi memerintahkan anak melakukan pekerjaan rumah. Ingat, mereka sedang stres. Meminta mereka melakukan hal-hal kecil tidak akan memberi mereka ruang sehingga fokus akan terganggu.

Yakinkan dengan kasih sayang

Bahkan jika tidak ada tekanan dari orang tua, stres dan gugup mungkin saja masih dirasakan siswa. Karenanya, meyakinkan anak-anak dengan cinta dan kasih sayang sangatlah berarti bagi anak. Cobalah untuk meningkatkan kepercayaan diri dan buat mereka mengerti bahwa ujian bukanlah akhir bagi mereka.

Pastikan anak tetap sehat

Pastikan kesehatan anak terjaga jelang ujian. Anda bisa mengajaknya bermeditasi untuk tenangkan pikiran perhatikan apa yang mereka makan. Berikan makanan ringan yang sehat.

Tidak membandingkan dengan anak lain

Setiap anak berbeda, begitu pula bidang minat mereka. Anda mungkin tidak menyadarinya, tapi jika tidak di bidang akademis, mungkin anak Anda baik dalam kegiatan ekstrakurikuler. Membandingkan mereka dengan anak-anak lain hanya akan memperburuk keadaan dan tak bisa memotivasi mereka.

Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Kronik

Terkini

Dapatkan berita terkini setiap hari