Ini Tandanya Anda Kebanyakan Makan Garam
berita
ILUSTRASI: Istimewa
RILIS.ID, Jakarta— Untuk urusan dapur, garam menjadi salah satu bahan yang wajib ada. Beragam jenis makanan pasti membutuhkan bumbu asin ini.

Meski garam begitu kuat dalam menambah rasa, namun mengonsumsinya secara berlebihan tentu memiliki dampak yang kurang baik bagi kesehatan. Ya, para ahli kesehatan telah mengingatkan bahwa konsumsi garam berlebihan berhubungan dengan munculnya sejumlah masalah kesehatan, salah satunya tekanan darah tinggi.

Masalahnya, banyak orang terkadang tak sadar jika mereka sebenarnya telah memakan garam secara berlebihan. Tapi tenang! Ada beberapa tanda yang dirasakan tubuh saat asupan garam berlebih. Apa saja?

Berikut empat tanda Anda kebanyakan mengonsumsi garam seperti dilansir dari Medical News Today:

1. Makanan terasa hambar

Saat Anda mengonsumsi makanan yang terlalu asin, biasanya akan mempengaruhi rasa makanan dengan kadar garam normal. Seperti yang dikatakan juru bicara American Dietetic Association, Gazzaniga Moloo, orang seringkali menaburkan sedikit garam pada sayuran atau makanan lainnya agar rasanya lebih enak, sekaligus bisa membantu menetralisir rasa pahit alami makanan. Karena terbiasa menyantap makanan dengan kandungan garam tinggi, maka saat mencicipi makanan dengan garam normal akan terasa hambar.

2. Kembung dan badan membengkak

Ahli diet sekaligus pendiri Better Than Dieting Bonnie Taub-Dix mengatakan, garam bak magnet yang menarik air, sehingga menahan cairan. Efek retensi ini bisa menyebabkan kembung, mata atau jari menjadi bengkak. Tanda-tanda ini lebih mungkin terjadi pada mereka yang sudah lanjut usia.

"Saya mengenal seseorang yang ketika menyantap semangkuk sup, harus lebih dulu melepas cincinnya karena jika tidak, dia tak akan bisa melepaskannya setelah makan," ungkap Taub-Dix.

3. Sakit kepala tanpa sebab

Mengonsumsi garam berlebihan juga dapat membuat seseorang akan merasa pusing atau sakit kepala tanpa jelas penyebabnya.

"Terlalu banyak garam dapat menyebabkan pembuluh darah di otak mengembang, yang dapat menyebabkan sakit kepala yang menyakitkan," terang Mandy Enright, ahli gizi dan pelatih kebugaran di New Jersey.

4. Sering kencing

"Sering buang air kecil di malam hari adalah masalah nyata bagi banyak orang, terutama saat mereka semakin tua," kata Dr Matsuo Tomohiro dari Universitas Nagasaki di Jepang.

Dalam studi 2017, Tomohiro menemukan, terlalu banyak mengonsumsi garam dapat menyebabkan buang air kecil yang berlebihan, khususnya bagi mereka yang lebih tua. Selain itu, mengonsumsi garam berlebihan juga dapat menyebabkan tidur terganggu dan kelelahan.

Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Gaya Hidup

Terkini

Dapatkan berita terkini setiap hari