Jika Gandeng CT, Jokowi Akan Kuasai Kampanye di Media
berita
Ilustrais. RILIS.ID/Hafidz Faza
RILIS.ID, Jakarta— Peneliti dari Centre for Presidential Studies (CfPS) UGM Yogyakarta, Muhammad Taufik Rahman, menilai Presiden Joko Widodo akan meraih banyak keuntungan bila menggandeng pengusaha Chairul Tanjung alias CT sebagai calon wakil presiden (cawapres).

Salah satunya, kata dia, Jokowi akan menguasai kampanye Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 melalui media. 

"CT merupakan salah satu konglomerat dan raja media di Indonesia. Kekuatan finansial CT dan penguasaan medianya menjadi prospek bagi Jokowi untuk memenangkan kampanye media," kata Taufik kepada rilis.id, Jakarta, Senin (16/4/2018).

Ia memandang, masuknya CT Coprs yang merupakan perusahaan media milik CT, akan menambah dominasi Jokowi setelah adanya dukungan dari MNC milik Hary Tanoe. Sehingga menurutnya, kedua perusahaan media terbesar di Indonesia itu akan mendominasi pemberitaan tentang Jokowi selama kampanye, selain grup media milik Surya Paloh. 

Bila itu terjadi, lanjut Taufik, maka akan menyulitkan langkah Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto untuk menandingi mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

"Masuknya CT secara otomatis membuat Trans Corps bersama Metro TV, TV One, MNC dan jaringan Trans TV mendominasi pemberitaan tentang Jokowi selama kampanye. Ini memperberat posisi Prabowo yang tidak lagi didukung oleh Golkar dan TV One," ujarnya. 

Sebelumnya, nama CT disebut-sebut berpeluang diajukan Partai Demokrat sebagai kandidat cawapres Jokowi. Figur CT, dinilai lebih terbuka daripada Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

"Cocok kan, CT seorang ekonom dan pengusaha. Apalagi sekarang dicari pengusaha yang Islami. Istilahnya, Jusuf Kalla junior," ungkap Direktur Eksekutif Indonesia Political Review, Ujang Komarudin. 

Editor: Taufiqurrohman

Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Elektoral

Terkini

Dapatkan berita terkini setiap hari