Jika Terpilih, 5 Tahun ke Depan Jokowi Tak Fokus Lagi Bangun Infrastruktur
berita
ILUSTRASI: RILIS.ID/Dendi Supratman.
RILIS.ID, Jakarta— Bukan kapok dituding pro asing lantaran disinggung banyak mendatangkan tenaga kerja dari luar dalam proyek pembangunan. Cuma, pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin akan fokus pada program lainnya jika kembali terpilih.

"Untuk infrastruktur sudah hampir selesai," kata juru bicara Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf, Irma Suryani Chaniago seperti dilansir Antara di Jakarta pada Jumat (14/9/2018).

Pasangan capres-cawapres ini akan menawarkan lima program lain yang akan dijalankannya lima tahun ke depan. Pertama, pembangunan manusia melalui pengurangan kemiskinan dan pemenuhan kebutuhan dasar.

"Peningkatan SDM menjadi fokus koalisi Jokowi-Ma'ruf," ungkap dia.

Kedua, pengurangan kesenjangan antarwilyah melalui penguatan konektivitas dan kemaritiman. Ketiga, peningkatan nilai tambah ekonomi dan penciptaan lapangan pekerjaan melalui pertanian, industri, parwisata dan lainnya.

Keempat, Pemantapan energi, pangan dan sumber daya air. Kelima, ketahanan nasional dan suksesnya pemilu.

"Koalisi Jokowi-Ma'ruf tidak menjual mimpi dan ilusi, namun memberikan bukti-bukti nyata, misalnya, membangun sumber-sumber air di berbagai tempat seperti di Nusa Tenggara Timur (NTT)," ujar dia.

"Visi misi kami membumi," tambah politisi NasDem ini.

Pada empat tahun pemerintahan Jokowi sekarang ini, diakuinya memang belum semua dapat terwujud. Kalau kata dia, alasannya adalah keterbatasan anggaran dalam APBN.

Tapi, nawacita itu sendiri sebenarnya dibuat untuk dua periode. Semisal, pembangunan infrastruktur yang memang baru akan terasa di 10 tahun mendatang.

"Lalu, pertumbuhan ekonomi bergeliat, karena ekpedisi bisa sampai lebih cepat sehingga banyak pertambahan nilai dari pembangunan jalan tol," paparnya.

Menurut pengamat politik, Emrus Sihombing, sebetulnya para kandidat harus menyampaikan visi misi mereka dalam bentuk program yang konkret. Jadi, tak cuma fokus pada soal ekonomi dalam mengatasi masalah bangsa.

"Pasangan calon harus turunkan visi kedalam program mengenai aspek kehidupan yang dihadapi masyarakat," ujarnya.

Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Elektoral

Terkini

Dapatkan berita terkini setiap hari