Kelok Sembilan, antara Ngeri dan Menakjubkan
berita
FOTO: Instagram/@id.petualang
RILIS.ID, Jakarta— Anda pernah melewati jalanan penuh liku bernama Kelok Sembilan di Sumatera Barat? Ya, dua kata untuk menggambarkan konstruksi rumit di belantara hutan ini, ngeri dan indah menakjubkan.

Terbilang ngeri karena jalanannya yang berkelok dengan tikungan tajam. Apalagi jika membayangkan seolah tengah berada di bagian jalan paling atas, kaki mungkin akan terasa bergetar.

Namun, dari segi panoramanya, jembatan yang dibangun sejak 2003 dan rampung 2013 ini sangatlah elok dipandang mata. Tak jarang, orang-orang mengabadikannya dengan berfoto.

Kelok Sembilan adalah ruas jalan yang terletak sekitar 30 kilometer sebelah timur dari Kota Payakumbuh, Sumatera Barat menuju Provinsi Riau.

Jalanan yang secara tak langsung jadi objek wisata Sumbar ini membentang sepanjang 300 meter di Jorong Aie Putiah, Nagari Sarilamak, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat, yang merupakan bagian dari ruas jalan penghubung Lintas Tengah Sumatera dan Pantai Timur Sumatera.

Yang membuat Kelok Sembilan ini indah, lantaran diapit dua perbukitan nan hijau di antara dua cagar alam, yakni Cagar Alam Air Putih dan Cagar Alam Harau.

Kelok Sembilan yang terkesan begitu megah rupanya karya anak bangsa dengan mengusung konsep green construction. Terbukti, hasilnya sangatlah unik dan tak membosankan setiap pengendara yang lewat.

 

Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Wisata

Terkini

Dapatkan berita terkini setiap hari