Kondom Dipakai Lebih dari Satu Kali, Bolehkah? 
berita
Ilustrasi kondom bekas. FOTO: Indonesiakoran.com.
RILIS.ID, Jakarta— Pusat Kontrol dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) melarang penggunaan kondom sampai berkali-kali. Terlepas dari beragam alasan seperti manfaat kondom bagi kesehatan serta lainnya.

"Kami mengatakan ini karena orang-orang melakukannya, jangan mencuci atau menggunakan lagi kondom. Gunakan yang baru," kata peneliti CDC pada Jumat (3/8/2018).

Konsultan urologi dari rumah sakit Max Patparganj di India, Dr. Shailesh Chandra Sahay, juga sependapat dengan rekomendasi tersebut.

Karena secara medis, penggunaan kondom berulang-ulang sangatlah tidak disarankan, bahkan alat kontrasepsi tersebut jadi tak mampu mencegah penularan infeksi penyakit seksual.

"Setiap berhubungan perlu kondom baru," tambahnya.

Sebab, sekali kondom digunakan, bahan lateksnya rusak. Ini mungkin tak terlihat mata, fungsinya unuk mencegah kehamilan dan infeksi penyakit seksual jadi hilang.

Dr. Alyssa Dweck, seorang ahli ginekologi dan obstetri kepada BuzzFeed News juga menyatakan hal serupa. Mencucinya menggunakan sabun sekalipun, tak ada manfaatnya.

"Anda harus menggunakkan kondom yang sudah melalui pengujian. Jika tidak, Anda tidak bisa mengharapkan benda ini melakukan tugasnya," tutur dia.

Sebaiknya, periksa masa pakai kondom sebelum menggunakannya dan jangan pernah mencoba menggunakkannya jika masa pakainya sudah lewat.

Selain itu, simpan kondom di lingkungan yang sejuk dan jauh dari benda-benda tajam. Agar tak robek, Anda bisa mendorongnya ke sisi lain pembungkus sebelum membukanya.

Sumber: ANTARA

Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Gaya Hidup

Terkini

Dapatkan berita terkini setiap hari