Kota Bogor Diyakini Bisa Jadi Silicon Valley Indonesia
berita
RILIS.ID, Bogor— Pakar ekonomi digital, Daniel Tumiwa menilai, Kota Bogor, Jawa Barat memiliki potensi untuk menjadi Silicon Valley ala Indonesia. Hal itu lantaran pesatnya perkembangan bisnis-bisnis berbasis digital di kota tersebut yang mulai dilirik pasar internasional. 

Untuk itu, kata Daniel, perlu ada komitmen dan kesepahaman dalam membangun ekosistem kreatif berbasis digital di Kota Bogor tersebut. 

"Jadi, bukan tidak mungkin ke depannya kota ini menjadi Silicon Valley milik Indonesia," katanya melalui siaran pers yang diterima rilis.id, Rabu (12/9/2018). 

Daniel mengatakan, perkembangan internet yang terjadi saat ini bisa memberikan banyak dampak positif bila digunakan dengan baik. Salah satunya, ujar dia, internet bisa menentukan masa depan seseorang yang kreatif dalam menggunakannya. 

"Dulu harus jadi tuan tanah baru bisa kaya. Sekarang kan tidak. Makanya tidak berlebihan jika saya menyebut internet merupakan jawaban berbagai masalah ekonomi terutama yang disebabkan oleh jarak dan waktu," ujar mantan CEO OLX Indonesia tersebut. 

Menurut dia, pandangan itu sudah banyak dipahami oleh masyarakat perkotaan. Dalam konteks Kota Bogor, hal ini terbukti dengan semakin bermunculannya sejumlah start-up berbasis digital asal kota tersebut yang mulai dilirik oleh investor internasional.

"Harus ada sinergitas antara para pelaku dan pemangku kepentingan dalam mengembangkan ekosistem dan iklim yang ramah start-up agar kondisi ini dapat terus berlangsung dan segera membawa kesejahteraan bagi masyarakat," paparnya. 

Para pelaku start-up itu, lanjut Daniel, berperan besar dalam kemajuan Kota Bogor di masa depan. Pasalnya, orang-orang kreatif yang mayoritas kaum milenial itu tidak hanya menggerakkan perekonomian, melainkan juga budaya. 

"Mereka ini tidak hanya sedang menggerakkan perekonomian, tetapi juga mengubah budaya. Wajib kita dukung dengan fasilitas dan regulasi yang mumpuni," tandasnya. 

Editor: Sukma Alam

Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Bisnis

Terkini

Dapatkan berita terkini setiap hari