Langgar Kedaulatan, Qatar Adukan UEA dan Bahrain ke DK PBB
berita
Peta Qatar. FOTO: Getty Images
RILIS.ID, Doha— Qatar mengadukan dugaan pelanggaran wilayah udara yang dilakukan oleh Uni Emirat Arab (UEA) dan Bahrain kepada Dewan Keamanan PBB.

Dalam sebuah surat yang ditujukan kepada Sekjen PBB Antonio Guterres dan Presiden Dewan Keamanan PBB Karel Van Oosterom itu, Qatar mengatakan, pesawat militer UEA telah melanggar wilayah udara Qatar dua kali pada bulan Januari dan Februari.

Kantor Berita QNA menyiarkan, di dalam surat Qatar itu juga dicantumkan bahwa pesawat militer Bahrain pun telah melanggar wilayah udara negara tersebut pada 25 Februari.

Surat tersebut mendeskripsikan aksi kedua negara sebagai tindakan yang "kurang ajar" dan memperingatkan upaya semacam itu akan meningkatkan ketegangan di wilayah Teluk.

Surat itu juga meminta Dewan Keamanan PBB untuk mengambil semua tindakan yang diperlukan untuk menjaga perdamaian dan keamanan internasional", dan juga menggarisbawahi bahwa pihak Qatar mempunyai hak untuk merespons atas semua pelanggaran yang terjadi di wilayahnya.

Sampai saat ini UEA dan Bahrain belum mengomentari aduan tersebut.

Tahun lalu, UEA dan Bahrain, bersama dengan Mesir dan Arab Saudi, memutuskan hubungan diplomatik dan perdagangan dengan Qatar. Mereka menuduh Doha mendukung terorisme.

Qatar secara konsisten membantah tuduhan tersebut, dan menuduh balik empat negara tersebut telah melanggar kedaulatannya.

Sumber: Anadolu Agency

Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Dunia

Terkini

Dapatkan berita terkini setiap hari