Legislator PAN Usul Hubdat Kemenhub Tambah Halte Sungai di Jambi
berita
Anggota Komisi V DPR RI H.A Bakri saat mengikuti RDP Komisi V DPR RI dengan Dirjen Hubdat, Dirjen Perkeretaapian, dan Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kemenhub, di Ruang Rapat Komisi V DPR RI, Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Kamis (10/9/2020). Foto: dpr.go.id
RILIS.ID, Jakarta— Anggota Komisi V DPR RI H.A. Bakri mengusulkan agar Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan (Ditjen Hubdat Kemenhub) untuk menambah pengadaan halte sungai di berbagai titik wilayah, khususnya di wilayah Provinsi Jambi. Seperti di wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Tanjung Jabung Barat, Muara Jambi hingga Batanghari, yang secara khusus dialiri oleh Sungai Batanghari.

Terlebih, kata dia, program halte sungai sudah betul-betul dirasakan manfaatnya secara langsung oleh masyarakat luas. Pemaparan tersebut disampaikan Bakri saat mengikuti RDP Komisi V DPR RI dengan Dirjen Hubdat, Dirjen Perkeretaapian, dan Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kemenhub, di Ruang Rapat Komisi V DPR RI, Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Kamis (10/9/2020).


“Program halte sungai sudah sekitar tujuh hingga delapan tahun ini sangat betul dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Terlebih, di daerah pasang surut seperti Tanjung Timur dan Tanjung Barat. Saya harap, halte sungai bisa tambah di berbagai di lebih kurang 15 titik. Antara lain Tanjung Jabung Timur, Tanjung Jabung Barat, Muara Jambi dan Batanghari. Khususnya, yang dialiri oleh Sungai Batanghari,” ujar legislator dapil Jambi itu.

Di sisi lain, Bakri menyoroti minimnya alat bantu untuk keselamatan jalan nasional. Terutama, penerangan lampu di berbagai jalan nasional yang sebelumnya berstatus sebagai jalan provinsi. Dengan demikian, Bakri mendesak Ditjen Hubdat Kemenhub untuk serius memperhatikan penerangan lampu jalan nasional.

“Masalah alat keselamatan termasuk penerangan lampu untuk jalan nasional harus jadi perhatian khusus bagi Ditjen Hubdat Kemenhub. Apalagi, saat ini banyak jalan provinsi yang naik statusnya menjadi jalan nasional. Hal ini memprihatinkan, seperti daerah ruas jalan dari Kota Jambi ke Muara Sabak itu kondisinya sangat gelap sekali dengan sekeliling hutan. Jadi, ini harus menjadi perhatian,” tandas Wakil Ketua BURT DPR RI ini.

Selain itu, ia mendorong Ditjen Hubdat Kemenhub hadir menangani pembebasan lahan di dermaga Danau Kerinci. “Terkait dermaga Danau Kerinci, ini selalu saja terhambat oleh pembebasan lahan. Jika memungkinkan, Pemerintah hadir untuk membantu dari sebagian anggarannya yang ditingkatkan dapat digunakan untuk pembebasan lahan. Supaya, kegiatan ini bisa berjalan karena permasalahan ini sudah berlangsung lama,” pungkas politisi Fraksi Partai Amanat Nasional (Fraksi PAN) itu.  

 

Sumber: dpr.go.id

Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top DPR Corner

Terkini

Dapatkan berita terkini setiap hari