Mafia di Zaman Jokowi Sudah Level Global, Kok Bisa?
berita
Amien Rais dalam diskusi Topic of The Week
RILIS.ID, Jakarta— Mantan Ketua MPR, Amien Rais, mengatakan, banyak mafia yang berada dalam sejumlah proyek di pemerintahan Presiden Joko Widodo. Bahkan, menurutnya, mafia di zaman Jokowi ini levelnya bukan lagi nasional, melainkan sudah tingkat global.

"Zaman Pak Jokowi ini lebih ampuh mafianya, karena sudah kerja sama dengan mafia global," kata Amien saat menjadi pembicara dalam diskusi bertajuk "Refleksi Malari, Ganti Nakhoda Negeri?" di Seknas Prabowo-Sandi, Menteng, Jakarta, Selasa (15/1/19).

Amien lantas membandingkan era Jokowi dengan Presiden RI Ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Menurutnya, SBY pernah membuat satuan tugas untuk mengatasi mafia hukum, bekerja sama dengan Mahkamah Konstitusi (MK), Mahkamah Agung (MA), kepolisian dan semua kejaksaan.

"Namun, dua tahun dibubarkan, karena mafia lebih kuat," ujarnya. 

Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) itu mengkategorikan tiga mafia di era Jokowi. Pertama, mafia cebong yang berada di lingkup kecamatan, kabupaten, bergerak di parkiran, hingga stasiun.

Kedua, lanjut Amien, adalah mafia yang berada di ranah kabupaten hingga provinsi. Mafia ini, menurutnya, memeras berbagai macam tempat usaha seperti hotel.

Kemudian yang ketiga, imbuh Amien, yaitu mafia nasional, yang bergelut di dunia komoditi seperti gula, beras, garam hingga sepak bola.

Amien menduga, banyak mafia berada di balik mega proyek yang dijalankan pada pemerintahan Jokowi, seperti pembangunan kawasan hunian Meikarta, Reklamasi Teluk Jakarta, sampai pembangunan kereta api cepat Bandung-Jakarta yang menghabiskan dana triliunan.

"Tidak ada mafia di sana dan pejabat di sana itu impossible, tidak mungkin mustahil. Jadi, kenapa mereka berani mengacak tanah gila-gilaan padahal izin belum ada," tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Amien kemudian mengungkapkan sejumlah penyebab Jokowi bisa menjadi Presiden RI. Menurutnya, peran media sangat besar dengan memoles karir Jokowi dari pengusaha meubel sampai jadi orang nomor satu di Indonesia. 

"Jadi, memang Om Joko ini luar biasa. Dari tukang kayu kemudian Wali Kota, jadi Gubernur kemudian muncul sebagai capres (Presiden) itu luar biasa. Karena apa? karena gorengan media. Sehingga the minds of the people itu, pikiran masyarakat kebanyakan itu dibentuk apa maunya media massa itu," tandasnya. 

 

Editor: Elvi R



Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Elektoral



Terkini



Dapatkan berita terkini setiap hari