Mau Dongkrak Suara di Wilayah Jawa, Pengamat: Prabowo-Sandi Harus Lakukan Ini
berita
ILUSTRASI: RILIS.ID/Dendi Supratman
RILIS.ID, Jakarta— Tim pemenangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno memasukkan Susilo Bambang Yudhoyono dalam jajaran Juru Kampanye di Pemilihan Presiden 2019. Langkah itu dinilai efektif, terutama untuk menggaet pemilih di Jawa Timur.   

"Langkah tersebut bisa jadi akan semakin strategi jika SBY benar benar menjadi juru kampanye (jurkam) Prabowo Sandi dan mau turun secara intensif di Jatim," kata pengamat politik dari Universitas Trunojoyo Madura Mochtar W Oetomo. 

Dia mengatakan, salah satu basis pendukung Demokrat adalah wilayah Jawa Timur. Karena itu, strategi itu  bisa menaikkan suara Prabowo-Samdiaga terutama di wilayah Jawa.

"Bukan hanya karena Jatim adalah salah satu kantong suara terpenting demokrat sehingga efek elektoral SBY masih bisa diandalkan di Jatim, lebih dari itu," tambahnya. 

Mochtar menjelaskan, turunnya SBY juga akan menarik dukungan kader Nahdliyin. Selama ini ketua umum Partai Demokrat itu dikenal dekat dengan kiai sepuh di Jatim dan beberapa wilayah lainnya. 

"Kedekatan SBY dengan berbagai elemen NU di jatim tentu akan memberi keuntungan tersendiri bagi prabowo buat modal pertempurannya di Jatim," pungkasnya. 

Editor: Elvi R

Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Elektoral

Terkini

Dapatkan berita terkini setiap hari