Miris! Ternyata Instansi-instansi Ini yang Paling Banyak Mempekerjakan Koruptor
berita
ILUSTRASI: RILIS.ID/Dendi Supratman.
RILIS.ID, Jakarta— Belum lama ini tersiar kabar kalau lebih dari dua ribu pegawai negeri sipil (PNS) yang terjerat dugaan kasus korupsi. Ternyata, yang paling banyak ada di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Kementerian Perhubungan.

Deputi Bidang Pengawasan dan Pengendalian Badan Kepegawaian Negara (BKN), I Nyoman Arsa, mengatakan DKI Jakarta merupakan pemerintah tingkat provinsi yang terbanyak mempekerjakan PNS berstatus terpidana tipikor inkracht.

"Yaitu 52 orang," kata I Nyoman dalam siaran persnya pada Jumat (14/9/2018).

Mengacu pada data BKN, Provinsi Sumatera Utara menempati peringkat kedua terbanyak mempekerjakan PNS berstatus terpidana korupsi yaitu 33 orang, disusul Lampung 26 orang.

Kalau untuk tingkat kabupaten/kota, Sumut lah yang memegang angka terbesa, yakni 265 orang. Kemudian disusul dari Riau sebanyak 180 orang yang diduga terlibat korupsi. 

Sedangkan, di tingkat instansi pusat, I Nyoman menegaskan, Kementerian Perhubungan tercatat masih mempekerjakan PNS berstatus terpidana tipikor inckracht, sebanyak 16 orang.

"Lalu, Kementerian Agama (14), Kementerian PUPR (9), dan Kemenristekdikti (9). Selanjutnya Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN (8), Kementerian Keuangan (6), Kementerian Hukum dan HAM (5)," tambah dia.

Ada juga di Mahkamah Agung sebanyak 5 orang. Lalu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (4), Kementerian Kelautan dan Perikanan (3), Kementerian Pertahanan (3), Setjen KPU (3), Kemdikbud (2).

Dan masing-masing 1 (satu) di Kemenaker, Kementerian Desa PDTT, Kemenkes, Kemenperin, Kemenpora, BNN, BPKP, dan BPS.

Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Nasional

Terkini

Dapatkan berita terkini setiap hari