Peduli Pedagang Kecil, AHY Luncurkan Gerakan Nasional Demokrat Bina UMKM
berita
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono. FOTO: Dok. Partai Demokrat
RILIS.ID, Jakarta— Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) meluncurkan "Gerakan Nasional Partai Demokrat Bina UMKM” di kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Rabu (23/9/2020) sore. 

Gerakan ini diluncurkan lantaran banyak UMKM yang terdampak pandemi COVID-19, seperti usaha mereka sepi pembeli, bahan baku sulit, dan lain sebagainya. 

Peluncuran Gerakan Nasional Partai Demokrat Bina UMKM ini digelar dengan suasana kekeluargaan dan tetap menerapkan protokol COVID-19 yang ketat.

Dalam kesempatan itu, Ketum AHY juga mengajak dialog perwakilan UMKM yang diundang. 

"Mas Agus perkenalkan saya Tarjono (45) yang sudah menjual ketoprak selama 15 tahun asal Tegal,” tutur Tarjono.

"Gimana Pak, penghasilan Bapak selama pandemi ini?” tanya AHY.

“Penghasilan saya benar-benar turun Pak, biasanya sehari-hari dapat Rp900 ribu, ini karena pandemi saya paling hanya dapat Rp100 ribu. Terkadang buat belanja dan makan saja tidak cukup Pak,” tutur Tarjono.

Keluhan yang sama juga disampaikan oleh para penerima bantuan penyangga lainnya, seperti Hasanah yang mempunyai usaha nasi rames dan pecel lele. Ari pemilik usaha warung kopi, Imam Pramoto yang mempunyai usaha mie ayam, Muhammad Wesul usaha es kelapa muda, dan Yaya Indra pemilik usaha batagor.

AHY dalam sambutannya menyampaikan keadaan yang berat di tengah pandemi inilah yang membuat Partai Demokrat memberikan bantuan dan pendampingan kepada para pelaku UMKM.

"Kita berharap para pelaku UMKM dapat bertahan dan tidak gulung tikar. Karena tentu akan berpengaruh kepada bapak, ibu, dan keluarga. Dulu sebelum covid kita belum tentu bisa mencari nafkah dengan baik, di masa covid ini akan jauh lebih berat dari sebelumnya. Itulah kenapa kita ingin memberikan bantuan dan pendampingan. Kita ingin memberikan support kepada pelaku UMKM. Tak hanya di Jakarta, tapi juga di luar Jakarta,” kata AHY. 

Imam Pramoto (43), penjual mie ayam merasa senang atas bantuan yang diberikan Partai Demokrat. 

“Saya merasa senang banget karena mendapatkan bantuan ini dari Pak AHY. Selama pandemi ini penjualan saya turun drastis enggak seperti biasanya. Semoga dengan adanya bantuan ini bisa lancar kembali dan pandemi covid ini segera berakhir. Terima kasih sekali lagi sudah memperhatikan pedagang-pedagang kecil seperti kami. Semoga Partai Demokrat maju dan Pak AHY bisa membawa partai ini dengan lancar dan baik ke depan,” ujar Imam. 

AHY mengatakan, nantinya Gerakan Nasional Demokrat Bina UMKM ini akan dilaksanakan di DPC dan DPD seluruh Indonesia.

"Mudah-mudahan kita semua diberikan ketegaran dan kekuatan agar kita bisa sama-sama bangkit dari krisis ini. Jangan dilihat dari jumlahnya, tapi kami harap dapat dilihat dari niat tulus kita semua untuk memberikan bantuan kepada bapak ibu sekalian. Jika ada yang diperlukan, Bapak Ibu jangan sungkan-sungkan untuk berkomunikasi dengan Partai Demokrat. Nantinya gerakan ini juga akan dilaksanakan di DPC dan DPD Partai Demokrat seluruh Indonesia,” ungkap AHY. 

Selain AHY, acara itu juga dihadiri Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya, Bendahara Umum Partai Demokrat Renville Antonio, Wasekjen Partai Demokrat Inggrid Kansil dan Agust Jovan Latuconsina, Kepala Badan Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Ali Muhammad Johan Suharli, serta jajaran badan pengurus harian DPP Partai Demokrat.

Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Nasional

Terkini

Dapatkan berita terkini setiap hari