Pemerintah Harus Tegas soal Amdal
berita
ILUSTRASI: Net.
Meski kerap disalahgunakan, namun keberadaan Amdal dinilai masih penting. Bahkan, dipandang sebagai syarat didirikannya sebuah proyek pembangunan.

Meski begitu, sejumlah pihak juga mengakui adanya dugaan permainan dalam kelulusan perizinan amdal sebuah proyek. Sering kali, perizinan amdal hanya sebatas formalitas, dan kerusakan lingkungan akibat pembangunan proyek itu tetap saja terjadi.

Wartawan rilis.id, Zulhamdi Yahmin, mewawancarai pengamat tata kota dari Universitas Trisakti, Nirwono Joga untuk menguak fenomena yang terjadi seputar perizinan amdal. Juga, efektivitas amdal dalam konteks hari ini.

Apakah dalam proyek pembanguanan harus ada izin amdal?

Amdal sangat diperlukan sebelum sebuah proyek pembangunan dilaksanakan, karena untuk mengetahui dan mengantisipasi atau mengatasi dampak pembangunan nanti. Amdal meliputi kajian ekonomi masyarakat, kondisi sosial budaya, dan kualitas lingkungan hidup. Pembangunan seharusnya berdampak positif terhadap peningkatan ekonomi masyarakat peningkatan ksejahteraan sosial budaya dan peningkatan kualitas lingkungan hidup.

Apakah benar banyak proyek tak lulus amdal? Contohnya di mana saja?

Hasil dari Amdal mengeluarkan rekomendasi, jika berdampak positif proyek pembangunan dapat dimulai. Sementara, jika negatif maka proyek harus dibatalkan. Persoalannya Amdal justru dijadikan alat pembenaran untuk meloloskan proyek pembangunan tersebut atau hanya sekedar formalitas. 

Terbukti saat pembangunan dan sesudah beroperasi justru berdampak buruk, masyarakat lokal tersingkir, kehilangan mata pencaharian dan lingkungan hidup rusak.  Itu menunjukkan enggak lulus Amdal. Contohnya pembangunan pabrik semen, penambangan batu bara, perkebunan kelapa sawit.

Apakah benar amdal banyak menimbulkan korupsi?

Jika memang benar Amdal banyak korupsi, sekadar alat kelengkapan administrasi,  harusnya ditertibkan, Amdal ditolak, dan proyek pembangunan dibatalkan.

Apakah amdal masih perlu?

Amdal tetap perlu dan penting karena tujuan awalnya baik untuk menganalisa dampak sebuah rencana pembangunan terhadap kondisi sosial masyrakatnya, perekonomian warga, dan keberlanjutan lingkungan hidup.

Asalkan, amdal dilakukan dengan benar. Kalau memang dari amdal merekomendasikan sebuah proyek pembangunan tidak laik ya jangan dilanjutkan. Tetapi kalau direkomendasikan positif maka pembangunannya harus mengikuti langkah-langkah yang sudah ditulis dalam amdal.

Apa yang harus dievaluasi atau direvisi oleh pemerintah soal amdal ini?

Ketegasan dan konsistensi Pemerintah sangat dibutuhkan. Beberapa proyek strategis nasional saat ini justru berjalan tanpa didahului amdal. Contohnya MRT, LRT, Kereta Api cepat Jakarta-Bandung.

Editor: Andi Mohammad Ikhbal

Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top FOKUS

Terkini

Dapatkan berita terkini setiap hari