Pengukuhan Komda Peragi Jawa Tengah
berita
Pengukuhan Komda Peragi Jawa Tengah. FOTO: Humas Balitbangtan
RILIS.ID, Semarang— Pengukuhan Komisariat Daerah Perhimpunan Agronomi Indonesia (Komda PERAGI) Jawa Tengah dilakukan pada 15 Mei 2018 di Semarang, Jawa Tengah oleh Ketua Umum PERAGI Pusat, yang dalam hal ini diwakili oleh Bapak Sekretaris PERAGI PUSAT Dr. Sugiatna yang saat ini juga  sebagai staf pengajar di Institut Pertanian Bogor. Kegiatan pengukuhan  tersebut dirangkaikan dengan Sinkronisasi Hasil Litkaji Balitbangtan dan Programa Penyuluhan.  

Indonesia merupakan anugerah Allah Swt dengan tanah subur yang di dalamnya terdapat ratusan juta penduduk yang menggantungkan kehidupannya di sektor pertanian. Sejak 1977, penggiat agronomi nasional berkumpul  dengan hasil sebuah gagasan dan pernyataan bersama untuk membentuk wadah yang dapat menghimpun seluruh masyarakat agronomi  Indonesia  yang merupakan cikal bakal dan sekaligus berdirinya secara resmi Perhimpunan Agronomi Indonesia yang disingkat PERAGI.

Peranan teknologi agronomi dalam pembangunan pertanian antara lain menyediakan bahan baku pangan, memantapkan swasembada pangan beras, palawija dan hortikultura serta memperbaiki kualitas dari pangan serta berperan ikut serta dalam menyediakan bahan baku industri. Agronomi juga berperan positif dalam meningkatkan kesejahteraan, karena kegiatan agronomi menyediakan bahan baku untuk komoditas ekspor sehingga menyerap banyak tenaga kerja mulai dari pengelolaan tanaman sampai pada kegiatan pasca panen dan industri hasil pertanian.

Guna memantapkan gerak langkah PERAGI dalam mengambil peran dalam menyelesaikan permasalahan pertanian nasional, PERAGI memompa semangat anggotanya di seluruh provinsi melalui pembentukan Komisi Daerah (KOMDA).  Pada kepengurusan PERAGI periode 2016-2019 sampai saat ini, telah dikukuhkan sebanyak 16 Komisariat Daerah (Komda)  yaitu: Kalimantan Selatan, Bengkulu, Maluku, Lampung, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Banten, Bangka Belitung, Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera Barat, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Timur, Bali, Sumatera Utara, dan DI Yogyakarta.

Pengurus PERAGI Komda Jawa Tengah merupakan komda keenam yang dikukuhkan pada 2018 sekaligus komda ke- 17 yang dikukuhkan sejak Kongres PERAGI 2016. PERAGI memiliki potensi besar membangun pertanian Indonesia menjadi agronom modern, meningkatkan produktivitas dan berdaya saing.  Posisi strategis dan penting Indonesia sebagai negara agraris di masa mendatang akan menjadi pusat kebergantungan dunia terhadap kebutuhan produk pertanian terutama bahan pangan sebagai sumber kehidupan.

Beberapa komoditi unggulan dari sektor pertanian dan perkebunan di Jawa Tengah adalah padi, jagung, karet, kopi, teh, kelapa, tebu, dan kakao. Hampir di seluruh daerah di Jawa Tengah merupakan penghasil jagung, kecuali Magelang dan Pekalongan.

Berkaitan dengan hal ini, BPTP Jawa Tengan telah berkolaborasi dengan Pemda Jawa Tengah mengawal Taman Teknologi Pertanian Lebaksiu di Tegal sejak 2015 dengan kegiatan hulu-hilir agribisnis olahan berbasis jagung.

Ketua Umum dalam sambutan berharap Komda PERAGI Jateng dapat berperan lebih intensif untuk  pendampingannya bersinergi dengan  BPTP Jateng dan pemangku kebijakan terkait. Semoga PERAGI mampu berkontribusi riil dalam mengoptimalkan sumber daya potensial di Provinsi Jawa Tengah khususnya dan di seluruh nusantara pada umumnya.

Sudah menjadi keharusan untuk mengemas percepatan pembangunan pertanian yang berbasis pada kearifan lingkungan dan sosialnya sehingga mampu mengangkat kesejahteraan petaninya dan menopang kehidupan masyarakat secara berkelanjutan. Semoga PERAGI mampu berkontribusi riil dalam mengoptimalkan sumber daya potensial di Provinsi Jawa Tengah khususnya dan di seluruh nusantara pada umumnya. BERSAMA PERAGI, JAYALAH PERTANIAN INDONESIA. 

Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Bisnis

Terkini

Dapatkan berita terkini setiap hari