Potret Kesibukan Sentra Kerajinan Ondel-ondel Kramat Pulo di Tengah Pandemi
berita
Pengrajin Ondel-ondel di wilayah Kramat Pulo, Jakarta Pusat. FOTO: RILIS.ID/Panji Satria
RILIS.ID, Jakarta— Geliat pembuatan kerajinan Kramat Pulo terus terlihat meski pandemi COVID-19 berlangsung. Terutama kala peringatan HUT RI ke-75 tahun ini. Mereka cukup optimis mampu meraih keuntungan. 

Di sepanjang jalan Kramat Pulo Senyum lucu dari Ondel-ondel berlatar ucapan Dirgahayu Republik Indonesia terlihat berjejer. Para ondel-ondel akan dipesan untuk menghiasi berbagai sudut kota, gedung dan gapura warga. Ada juga yang disewakan atau pun dijual kepada pembeli.

Tim rilis.id memotret kesibukan sentra pembuatan ondel-ondel di tengah sulitnya ekonomi di kala pandemi COVID-19.

Pengrajin dan penyedia jasa penyewaan saat membuat kerangka ondel-ondel di kawasan Kramat Pulo, Jakarta Pusat. FOTO: RILIS.ID/Panji Satria.

Kerangka ondel-ondel diukur agar sesuai dengan ukuran badan seseorang. Pengrajin mengukur rangka dan melapisinya dengan baju. FOTO: RILIS.ID/Panji Satria.

Pengrajin dan penyedia jasa penyewaan saat mempersiapkan ondel-ondel, merapikan pakaian dan asesorisnya. Pengrajin di kawasan Kramat Pulo bertahan di tengah pandemi COVID-19. FOTO: RILIS.ID/Panji Satria.

Senyum lucu dari Ondel-ondel berlatar ucapan Dirgahayu Republik Indonesia di sepanjang jalan Kramat Pulo, Jakarta Pusat. Mereka dibuat dengan wajah lebih ramah. FOTO: RILIS.ID/Panji Satria.

Potret penyewa ondel-ondel bertahan hidup di tengah pandemi di kawasan Kramat Pulo, Jakarta Pusat. FOTO: RILIS.ID/Panji Satria.

Sebuah bajaj mengantarkan pengamen ondel-ondel di kawasan Kramat Pulo, Jakarta Pusat. FOTO: RILIS.ID/Panji Satria.

 

Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Daerah

Terkini

Dapatkan berita terkini setiap hari