Tiga Peristiwa Besar yang Persis Sama pada 1981 dan 2018
berita
ILUSTRASI: Hafiz
ADA tiga peristiwa besar yang mengguncang dunia. Apakah ini sebuah kebetulan? Entahlah. Tapi yang pasti tiga peristiwa itu sangat nyata.

Tahun 1981

Inggris menggelar pesta pernikahan (royal wedding) Pangeran Charles dan Putri Diana. Tepatnya, pernikahan digelar 29 Juli 1981. Pernikahan disaksikan lebih dari 600.000 orang yang memenuhi jalan-jalan di Kota London. Pangeran Charles menikah dalam usia 32 tahun dan Diana 20 tahun.

Pada tahun yang sama juga digelar partai final Liga Champions ke-26 antara kesebelasan Liverpool kontra Real Madrid. Pertandingan yang digelar di  Stadion Parc des Princes, Paris, dimenangi Liverpool dengan skors 1-0.

Bintang Liverpool yang dimainkan saat itu di antaranya Kenny Dalglish yang pernah menjadi manajer The Red dan bintang Real Madrid di antaranya Vicente del Bosque yang kini menjadi pelatih Timnas Spanyol.

Nah, peristiwa lainnya adalah Mahathir Mohamad didapuk menjadi Perdana Menteri Malaysia. Mahathir dilantik sebagai Perdana Menteri pada 16 Juli 1981 pada usia 56 tahun. Mahathir dikenal sebagai anggota Parlemen Malaysia mewakili Langkawi di Kedah. Jabatan perdana menteri periode pertama sampai 2003 atau selama 22 tahun.

Tahun 2018

Inggris kembali menggelar royal wedding di tempat yang sama. Kali ini yang menikah putra bungsu Pangeran Charles dan almarhum Putri Diana, Pangeran Harry dengan aktris Hollywood Megan Markle, Sabtu, 19 Mei 2018.

Pemberkatan pernikahan berlangsung pukul 12.00 siang hari waktu setempat di Kapel St George, Kastil Windsor atau sekitar 40 kilometer barat London.

Pada 27 Mei 2018 kita juga akan menyaksikan pertandingan Liga Champions antara Liverpool versus Real Madrid. Dua bintang akan bertarung, masing-masing Mohamed Salah dan Christiano Ronaldo. Apakah skorsnya akan seperti tahun 1981 dan kembali dimenangi Liverpool?

Ajaibnya, pada tahun ini juga Mahathir Mohamad kembali terpilih menjadi Perdana Menteri Malaysia pada usia 92 tahun. Gabungan oposisi Malaysia yang dipimpin mantan perdana menteri Mahathir Mohamad berhasil meraih kemenangan bersejarah dalam pemilihan umum Malaysia.

Kali ini Mahathir memenangi jabatannya lewat gabungan partai oposisi Pakatan Harapan dan dilantik pada Kamis (9/5/2018). Ini sejarah baru karena selama 60 tahun oposisi tak pernah menang karena dikuasai Barisan Nasional.

Apakah tiga peristiwa yang nyaris mengulang kisah sama dalam dua tahun berbeda sebagai kebetulan semata? Wallahu'alam.

Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Inspirasi

Terkini

Dapatkan berita terkini setiap hari