Umat Hindu Lampung Timur Minta Pemda Fasilitasi Ritual Melasti
berita
Umat Hindu melaksanakan Nyepi. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma
RILIS.ID, Labuhan Maringgai— Umat Hindu di Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung, meminta pemerintah daerah setempat menyediakan tempat pelaksanaan ritual Melasti.

"Kami berharap bupati memperhatikan permasalahan umat Hindu Lampung Timur, yakni tempat untuk pelaksanaan upacara Melasti," ujar Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia I Wayan Sutarja, Kabupaten Lampung Timur, di Labuhan Maringgai, Rabu (14/3/2018).

Dia menyebutkan, Pemkab Lampung Timur sebelumnya merencanakan menyediakan tempat seluas satu hektare di pinggir Pantai Desa Muara Gading Mas sebagai tempat pelaksanaan Melasti.

Namun lanjutnya, hingga sekarang belum dilakukan pembersihan lahan dan pemda juga berencana membangunkan pelinggih atau Pura Segara.

Karena itu, dia mengharapakan pemerintah daerah setempat segera mewujudkan rencana tersebut mengingat umat Hindu Lampung Timur belum memilki tempat khusus untuk pelaksanaan Melasti.

"Kabarnya sudah dianggarkan oleh Pemkab Lampung Timur pada tahun ini, mohon kami umat Hindu dibantu sehingga kami memiliki tempat untuk pelaksanaan Melasti," kata I Wayan Sutarja.

I Wayan juga mengharapkan perhatian pemerintah daerah setempat terhadap umat Hindu meski jumlahnya minoritas.

Sebagai informasi, pelaksanaan Melasti ini diikuti ribuan penganut agama Hindu dari berbagai wilayah Kabupaten Lampung Timur. Pelaksanaan tersebut dihadiri oleh perwakilan dari unsur pemda setempat, yakni Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Lampung Timur Nur Syamsu, anggota DPRD Provinsi Lampung Ketut Erawan, DPRD Lampung Timur Gede Suaryase, Kapolsek Labuhan Maringgai Kompol Effendi Koto.

Melasti di pinggir pantai Desa Muara Gading Mas ini dilaksanakan dengan persembahyangan, dihadiri ribuan umat Hindu mengenakan baju putih terlihat khidmat. Tujuan Melasti ini adalah ritual untuk mensucikan diri dari segala perbuatan buruk pada masa lalu.

Sumber: ANTARA

Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Daerah

Terkini

Dapatkan berita terkini setiap hari