Waspada! Gangguan Kesehatan Ini Bisa Jadi Pertanda Tumor Otak
berita
ILUSTRASI: Istimewa
RILIS.ID, Jakarta— Tumor otak bisa menyerang siapa saja. Masalah ini akan mudah diatasi jika seseorang sadar dari awal mengidap tumor otak. Salah satu caranya adalah mengetahui tanda-tandanya.

Namun, ada beberapa masalah sepele dan umum dirasakan setiap orang yang bisa menjadi tanda tumor otak. Apa saja?

Sakit kepala terus-menerus

Seorang profesor dari divisi departemen bedah di City of Hope Mike Chen menjelaskan, sakit kepala terus-menerus dan cenderung memburuk bisa menjadi indikasi tumor otak. Sakit kepala ini sering muncul setiap waktu saat bangun di pagi hari.

Gangguan penglihatan

Dalam beberapa kasus, pasien tumor otak kerap tak menyadari jika mereka mengalami gangguan penglihatan. Biasanya, masalah ini akan membuat mereka menabrak benda-benda tertentu dan menyebabkan lebam pada bagian tubuh.

Sakit di bagian kaki atau lengan

Seseorang yang menderita tumor otak bisa saja tak merasakan sakit di sekujur tubuh, tapi bagian tertentu seperti kaki dan lengan. Hal ini lantaran korteks motorik yang berperan mengontrol gerakan otot di seluruh tubuh terganggu.

Kesulitan berbicara

Mendadak kesulitan berbicara seperti gagap juga menjadi salah satu gejala tumor otak. Gagap atau kesulitan dalam menamai sebuah objek serta tidak memahami apa yangorang lain katakan adalah gejala tumor di temporal otak. Temporal atau lobus frontal merupakan area otak yang berperan emngatur kemampuan berbicara dan pemahaman bahasa seseorang.

Pendengaran terganggu

Jika Anda mengalami gangguan pendengaran baik salah satu sisi ataupun kedua telinga, kondisi ini juga menjadi indikasi dari tumor otak. Segera periksakan diri ke dokter jika Anda mengalami masalah ini.

Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Gaya Hidup

Terkini

Dapatkan berita terkini setiap hari