logo rilis
Diundang Khusus Universitas di Kanada, Pelajar Ini Tunda Kuliah karena Tak Ada Biaya
berita
Olivina Maskan (dua dari kiri) saat menerima penghargaan siswi berprestasi SMAN 3 Bandarlampung. FOTO: DOKUMEN PRIBADI
RILIS.ID, BANDARLAMPUNG— Olivina Maskan hanya bisa bersedih. Siswi SMA Negeri 3 Bandarlampung ini harus memendam hasratnya kuliah di Kanada. Lantaran keterbatasan biaya.

Padahal, sebelumnya dia merasa bangga. Sebab, University of Toronto (UofT), Ontario, Kanada mengundangnya khusus untuk kuliah di universitas tersebut.

Ronal Rian, ayah Olivina Maskan mengatakan, biaya yang diperlukan untuk anaknya kuliah di Kanada tidak sedikit. Diperkirakan membutuhkan uang sekitar Rp850 juta per tahun. Atau hingga lulus Rp2,6 miliar.

Ronal menjelaskan, Oliv -sapaan akrab Olivia Maskan-, mendapatkan jalur undangan dari UofT. Sehingga sifatnya prinsipal (biaya mandiri), atau bukan beasiswa penuh (full funding). 

Universitas itu memang menyediakan beasiswa bagi siswa berprestasi. Tapi besaran bantuan yang diberikan hanya Rp30-80 juta per tahunnya.

Karenanya, ia bersama anaknya terus berusaha mencari donasi dan beasiswa dari berbagai pihak. Baik dari dalam maupun luar Lampung. 

”Kami mencari donasi ke dinas-dinas dan kepala daerah di dalam dan luar Lampung. Sudah di-list untuk pengajuan proposal,” ujar Ronal kepada Rilis.id, Senin (12/4/2021).

Oliv juga sudah membuka akun melalui aplikasi ”Sosial Bas”, untuk menggalang donasi dan mencari informasi dari berbagai temannya yang terlebih dahulu melanjutkan kuliah S-1 di luar negeri. 

Ronal mengaku, saat ini ia telah membayar uang pendaftaran untuk kuliah anaknya sekitar Rp12 juta di University of Toronto. 

”Alhamdulillah kita sudah bayar. Sebenarnya Februari kemarin undangannya," ucap dia. 

Menurut Ronal, anaknya tersebut menerima dua undangan. Yakni dari UofT dan University Of Oregon.

Namun anaknya lebih tertarik kuliah di UofT karena membidik jurusan Communication, Culture, Information, and Technology (CCIT). 

”Oliv memilih jurusan itu karena masih langka, belum banyak yang mengambilnya,” pungkasnya.(*)

Editor: Wirahadikusumah

Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Peristiwa

Terkini

Dapatkan berita terkini setiap hari