logo rilis
Dua Perusahaan Swasta Lisensi Dua Produk Balitbangtan
berita
Foto: Istimewa
RILIS.ID, Jakarta— Dua perusahaan swasta melisensi produk hasil penelitian Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui penandatanganan perjanjian lisensi di Balai Pengelola Alih Teknologi Pertanian (BPATP) Bogor, dilansir dari laman litbang.pertanian.go.id, Kamis (4/3/2021).

Salah satu produk yang dilisensi adalah Formula Kultur Jaringan Porang dan Proses Pembuatan Planlet. Inovasi dari Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Sumber Daya Genetik Pertanian (BB Biogen) ini dilisensi oleh perusahaan bioteknologi bernama PT Bio Hutanea.

Produk lainnya adalah Kit Elisa untuk Mendeteksi Antibodi terhadap Nucleoprotein Virus Sars Cov-2. Inovasi dari Balai Besar Penelitian Veteriner (BB Litvet) ini dilisensi oleh PT. Biotis Pharmaceuticals Indonesia.

Kepala Balitbangtan Fadjry Djufry menyebutkan, setiap tahunnya terdapat produk hasil penelitian Balitbangtan yang dilisensi oleh mitra.

Bahkan pada tahun 2020 lalu Balitbangtan mendaftarkan paten untuk 25 Invensi dan mendapat apresiasi dari Direktorat Kekayaan Intelektual Kemenkumham sebagai Permohonan Pendaftaran Paten Tertinggi Kategori Penelitian dan Pengembangan.

Lima paten Balitbangtan juga sempat mendapat Anugerah Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Produktif dari Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset Nasional.

“Kita tetap produktif meski kondisinya masih pandemi dan kondisi anggaran terbatas,” papar Fadjry.

Pada kesempatan ini, Fadjri juga memberi apresiasi terhadap dua mitra yang turut dalam mendiseminasikan hasil penelitian Balitbangtan.

“Saya yakin PT Bio Hutanea dengan jaringan yang sudah ada dapat segera memerbanyak bibit porang berkualitas untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, khususnya petani porang,” ujar Fadjry.

“Kit Elisa juga kita dorong untuk segera dimasalisasi oleh PT. Biotis Pharmaceuticals Indonesia tentu dengan harga yang lebih terjangkau agar semua masyarakat bisa memanfaatkannya,” pungkasnya. (*)

 

Editor: Andry Kurniawan

Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Nasional

Terkini

Dapatkan berita terkini setiap hari