logo rilis
Lion Air JT 610 Jatuh, Kemenkominfo: Jangan Sebarkan Informasi Hoaks
berita
Pesawat Lion Air. FOTO: Tribunnews.com
RILIS.ID, Jakarta— Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengimbau kepada masyarakat tak menyebarkan informasi bohong alisa hoaks melalui media sosial terkait jatuhnya pesawat Lion Air JT 610.

Menurut Plt Kepala Biro Humas Kemenkominfo, Ferdinandus Setu, informasi yang bisa dijadikan rujukan terkait jatuhnya pesawat yang terbang dengan rute Jakarta-Pangkal Pinang itu hanya melalui sumber yang memiliki kewenangan. 

"Kami mengimbau warganet Indonesia untuk tidak menyebarkan informasi hoaks," katanya melalui siaran persnya kepada rilis.id, Senin (29/10/2018). 

Kemenkominfo, ujar Ferdinandus, juga mengimbau kepada netizen untuk tidak menyebarkan foto-foto korban dari musibah jatuhnya pesawat tersebut. Termasuk, penyebaran foto-foto korban melalui media sosial. 

Dia menegaskan, setiap aktivitas di dunia maya memiliki konsekuensi yang harus dipertanggung jawabkan. Apalagi, kegiatan mendistribusikan informasi hoaks melalui media sosial tersebut. 

"Karena diatur dengan UU Nomor 19 tahun 2016 tentang Perubahan atas UU No 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE)," ujarnya. 

Menurut Ferdinandus, sejauh ini ada sejumlah penyebaran informasi hoaks terkait jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 rute Jakarta-Pangkal Pinang tersebut.

"Kemenkominfo sendiri menyampaikan turut berbelasungkawa atas musibah jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 rute Jakarta-Pangkal Pinang," tandasnya.

Seperti diketahui, Pesawat Lion Air JT-610 rute Jakarta-Pangkal Pinang jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat, Senin (29/10/2018) pagi. 

Sebelumnya, pesawat yang lepas landas pukul 06.20 WIB dari Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng dan dijadwalkan tiba di Pangkal Pinang pada pukul 07.10 WIB itu hilang kontak setelah 13 menit mengudara. 

Hingga akhirnya, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) memastikan jika pesawat tersebut jatuh. Serpihan pesawat berjenis Boeing 737 MAX 8 itu pun telah ditemukan.

Editor:

Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Nasional

Terkini

Dapatkan berita terkini setiap hari