logo rilis
Menteri BUMN Erick Thohir Launching Kapal VLCC Pertamina Pride di Tanggamus
berita
Menteri BUMN Erick Thohir saat menerima cenderamata dari Bupati Tanggamus Dei Handjani./FOTO ISTIMEWA
RILIS.ID, Tanggamus— Menteri BUMN  Erick Thohir menyambangi Kabupaten Tanggamus, Lampung, Kamis (15/4/2021). Kedatangannya ke kabupaten tersebut untuk me-launching kapal VLCC (Very Large Crude Carrier) Pertamina Pride.

Ia bersama rombongan mendatangi kantor Pertamina Marine Region III Kotaagung, Kelurahan Pasarmadang, Kecamatan Kotaagung. Di kantor inilah, Erick me-launching kapal VLCC Pertamina Pride.

Diketahui, kapal VLCC Pertamina Pride memiliki kapasitas muatan 2 juta barel Crude Carrier dengan panjang kapal 330 meter dan tinggi 25 meter dari permukaan laut serta lebar 60 meter.

Saat tiba di Tanggamus, Erick dan rombongan disambut Bupati Dewi Handajani bersama Forkopimda kabupaten setempat. Usai kegiatan seremonial, ia sempat naik ke kapal VLCC Pertamina Pride. Namun sebelumnya, Erick melaksanakan safety briefing sebagai langkah pengamanan.  

Bupati Tanggamus Dewi Handajani mengatakan, dengan adanya kapal VLCC itu, maka Pertamina siap menunjang penyaluran pasokan energi nasional. Sebab, kapal ini bisa mengangkut BBM sebanyak 2 juta barel.

Dewi juga mengaku sempat menyampaikan rencana pembangunan Kawasan Industri Tanggamus (KIT) yang merupakan proyek nasional. Namun, hingga kini belum ada kejelasan kapan dimulainya.

”Pak menteri berjanji akan mengkaji lagi dan akan memikirkan kira-kira apa yang cocok untuk dikembangkan di Tanggamus,” ucap Dewi.

Sementara, usai me-launching kapal VLCC, Erick mengatakan, pihaknya melihat Lampung memiliki potensi sebagai lumbung pangan nasional, bahkan internasional. Selain itu, di provinsi ini, BUMN juga terlibat dalam membangun kawasan wisata di Bakauheni Lampung Selatan.

”Untuk Tanggamus juga bisa menjadi lumbung pangan dan potensi wisata di sini juga sangat baik. Ada air terjun, ada juga lumba-lumba. Kami akan pelajari dulu dari potensi yang ada tersebut,” pungkasnya.(*)

Laporan: Adi Yulyandi

 

Lihat video menarik lainnya:

Editor: Wirahadikusumah

Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Bisnis

Terkini

Dapatkan berita terkini setiap hari