logo rilis
Publik Lebih Prioritaskan 'Mudah Dijangkau' saat Beli Rumah
berita
Ilustrasi perumahan. FOTO: HUmas Kementerian PUPR.
RILIS.ID, Jakarta— Berdasarkan survei rumah.com Property Affordability Sentiment Index H1-2018 mengungkapkan bahwa masyarakat lebih mengutamakan kualitas hidup, sebelum mempertimbangkan harga dalam membeli rumah.

"Meski harga adalah faktor penting, namun lokasi, keamanan, akses, dan fasilitas di sekitar menjadi jauh lebih penting, karena dapat menunjang kualitas hidup," ujar Head of Marketing rumah.com, Ike Hamdan, lewat siaran persnya di Jakarta, kemarin.

Survei yang dilakukan ini menunjukkan bahwa lokasi masih menjadi pertimbangan mayoritas responden saat diminta menyebutkan sejumlah faktor yang menjadi pertimbangan dalam membeli rumah.

Sebanyak 92 persen responden mencantumkan "lokasi" sebagai salah satu faktornya, sementara ada 75 persen mencantumkan faktor "keamanan" dan 72 persen inginkan "mudah dijangkau transportasi umum". 

Sedangkan, "harga properti" berada di urutan kelima, sebanyak 60 persen responden. Bahkan, masih berada di bawah "infrastruktur dan fasilitas umum", yang berada di urutan keempat dengan 65 persen responden.

Ike melanjutkan, kaum milenial, yang rata-rata merupakan pembeli rumah pertama kalinya dengan kemampuan finansial yang relatif baru beranjak, juga dinilai tidak menjadikan harga sebagai pertimbangan utama.

"Sebanyak 94 persen milenial, usia 21-39 tahun, memilih lokasi sebagai salah satu faktornya, sementara yang mempertimbangkan "harga properti" sebesar 60 persen," tambah dia.

Kemudian, dari segi pemasukan, responden dengan kategori penghasilan rendah (di bawah Rp7 juta) pun hanya 58 persen yang mencantumkan "harga properti", sebagai faktor pengambilan keputusan sebelum membeli properti.

Sumber: ANTARA

Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Ragam

Terkini

Dapatkan berita terkini setiap hari