logo rilis
Surati Jokowi, Insan Film Indonesia Berharap Dukungan Pemerintah
berita
FOTO: ISTIMEWA
RILIS.ID, Jakarta— Insan Film Indonesia menyurati Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk meminta bantuan pemerintah melalui berbagai paket stimulus, subsidi, serta perlindungan hukum dan kesehatan.

Surat terbuka untuk Jokowi ini diunggah para pelaku perfilman Indonesia, mulai dari sutradara hingga aktor dan aktris di media sosial mereka pada Jumat (5/3/2021).

”Dukungan dari pemerintah akan membuat kami bisa terus bekerja membuat film, menayangkannya, dan memberikan rasa aman ke penonton untuk kembali ke bioskop,” tulis Insan Film Indonesia melalui suratnya.

Berikut isi surat terbuka Insan Film Indonesia yang dikutip Rilis.id pada Sabtu (6/3/2021):

Jakarta, 5 Maret 2021

Yang terhormat
Bapak Presiden Jokow Widodo

Kami semua mendoakan Bapak dalam keadaan sehat walafiat dan diberi kekuatan membimbing Indonesia untuk bisa terus bertahan dan berjuang melawan pandemi Covid-19.

Bapak Presiden yang baik,

Industri film adalah bagian penting dari Indonesia; bagi pekerjanya, bagi penontonnya, bagi keseluruhan industri kreatif. Seperti juga berbagai sektor industri lain, industri film kini mengalami pukulan keras di tengah pandemi Covid-19.

Puluhan ribu pekerjanya kesulitan bertahan hidup akibat proses pra hingga pasca produksi film yang terhambat. Industri film juga sudah kehilangan potensi pemasukan terbesarnya, karena bioskop sedang kesulitan bertahan.

Bioskop, yang walau telah dibuka dengan kapasitas hanya 50%, ternyata masih ditakuti masyarakat untuk dikunjungi. Akibatnya karyawan bioskop yang besar jumlahnya dan tersebar di seluruh Indonesia makin terancam kehilangan pekerjaan.

Sementara pembajakan film yang di masa pandemi ini kian merajalela, terus mengancam masa depan industri film Indonesia.

Bapak Presiden yang tercinta,

Seperti yang Bapak ketahui, masih banyak yang tidak memahami pentingnya eksistensi film Indonesia untuk bangsa ini. Keberhasilan industri film di sebuah negara adalah investasi besar.

Film tidak hanya menyumbangkan kontribusi pada perekonomian, tapi juga memberikan kekuatan nilai terhadap identitas dan strategi budaya. Film adalah media yang populer.

Film bisa efektif membangun ke-Indonesia-an kita di dalam negeri dan memperkenalkan nama Indonesia ke panggung dunia. Semakin Indonesia dikenal di dunia, maka akan semakin memperlancar jalan berbagai sektor industri untuk ikut melaju.

Sejak Bapak membuka Daftar Negatif Investasi di bidang perfilman di tahun 2016, perfilman Indonesia memasuki era baru dengan jumlah penonton yang terus meningkat dari tahun ke tahun, dengan pertumbuhan sebesar 20% per tahun selama 4 tahun terakhir sebelum pandemi.

Pertumbuhan ini kemudian menjadikan Indonesia sebagai pasar film nomor sepuluh terbesar di dunia dengan nilai pasar sebesar 500 juta dollar AS di akhir tahun 2019.

Bapak Jokowi yang kami hormati,

Kami semua siap untuk mempertahankan apa yang telah kami capai, tetapi kami tidak bisa melakukannya sendiri. Kami butuh bantuan dan dukungan negara agar apa yang sudah terbangun tidak musnah sia-sia.

Para pembuat film harus terus berkarya dan membuat film-film yang dicintai penontonnya sendiri dan dihargai di mata dunia.

Bioskop harus bisa bertahan karena di sanalah film-film kami dipertemukan dengan penontonnya. Pembajakan film harus segera diberantas tuntas karena itu adalah potensi ekonomi digital untuk dieksplorasi pelaku industrinya dan ada hak pemasukan negara di dalamnya untuk membangun Indonesia.

Film adalah bakti kami untuk negeri. Kami ingin bertahan hingga pandemi ini berakhir agar kami tidak tertinggal jauh dan bisa langsung meneruskan laju perekonomian perfilman demi Indonesia.

Kami sangat sangat berharap koordinasi pemerintah Indonesia melalui kementerian yang terkait di kabinet Indonesia Maju dan Satuan Tugas Covid-19 untuk bisa memberikan bantuan kepada perfiman Indonesia melalui berbagai paket stimulus, subsidi, serta perlindungan hukum dan kesehatan.

Dukungan dari pemerintah akan membuat kami bisa terus bekerja membuat film, menayangkannya, dan memberikan rasa aman ke penonton untuk kembali ke bioskop.

Bapak Jokowi yang kami rindukan kehadirannya di bioskop,

Sekali lagi kami berdoa untuk kesehatan Bapak dan semoga cobaan ini cepat berlalu. Dengan bantuan pemerintah Indonesia, kami, seluruh insan perfilman Indonesia siap mempertahankan dan menyelamatkan perfiman Indonesia, Kami siap menyelamatkan investasi besar identitas budaya Indonesia.

Hormat kami,

Insan Film Indonesia.

Tembusan:
- Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian
- Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia (Menko Maritim dan Investasi)
- Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
- Kementerian Badan Usaha Milik Negara
- Kementerian Kesehatan
- Kementerian Komunikasi dan Informatika
- Jajaran Kabinet Indonesia Maju
- Satuan Tugas Covid-19

(*)

Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top Ragam

Terkini

Dapatkan berita terkini setiap hari