logo rilis
Waspada Corona, DPR Sarankan Pemerintah Lakukan Empat Hal Ini
berita
Anggota komisi VI DPR Fraksi Golkar, Mukhtarudin. FOTO: Istimewa
RILIS.ID, Jakarta— Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar Mukhtarudin, menyarankan pemerintah segera melakukan empat hal pasca diumumkannya dua warga Depok, Jawa Barat, yang positif terjangkit virus corona atau COVID-19.

Pertama, pemerintah harus segera mengambil langkah-langkah antisipatif dan mitigasi yang diperlukan dalam menghadapi virus corona sesuai SOP dari WHO. Salah satunya membentuk tim khusus atau desk corona. 

Menurutnya, desk corona diperlukan agar pemerintah dapat dengan mudah memantau penyebaran virus mematikan itu. 

"Agar lebih terkoordinir, terarah dengan adanya desk corona ini. Jangan dianggap remeh soal virus corona. Karena WHO (Word Health Organization) telah menetapkan status COVID-19 (Corona Virus) sebagai Darurat Kesehatan Global," ujar Mukhtarudin di Jakarta, Senin (2/3/2020).

Anggota Komisi VI DPR ini menegaskan kembali, agar masalah ini disikapi dengan serius. Khususnya, semua stakeholder agar mempersiapkan dan menerapkan Management Crisis. 

"Pemerintah segera membentuk Desk COVID-19. Untuk itu, sekali lagi anggaran darurat dan pembentukan desk corona mutlak diperlukan," tegas Mukhtarudin lagi. 

Kedua, pemerintah harus secepatnya melakukan sosialisasi secara masif dan terus menerus kepada masyarakat terkait hal ini. Baik informasi apa itu virus corona, pencegahan dan langkah-langkah yang mesti dilakukan jika terindikasi virus tersebut.

"Sosialisasi mesti ditingkatkan ke masyarakat. Pemerintah dengan infrastrukturnya yang ada, seperti puskesmas, posyandu harus jadi garda terdepan menginformasikan atau mensosialisasikan kepada masyarakat terkait COVID-19 ini. Langkah-langkah pencegahan dan antisipasi sangat dibutuhkan masyarakat untuk menghadapi penyebaran virus Corona," terang dia.

Ketiga, pemerintah segera menginstruksikan kepada rumah sakit-rumah sakit di seluruh Indonesia untuk bersiap menghadapi kondisi seperti ini. Tanpa kecuali menambah peralatan dan perlengkapan medis dan alat pendukung. 

"Rumah sakit diseluruh Indonesia harus meningkatkan kewaspadaan dan siap untuk menanggulangi jika ada ditemukan kasus suspec COVID-19. Dan Pemerintah juga mesti menambah peralatan-peralatan medis yang diperlukan," jelasnya.

Keempat, pemerintah agar lebih proaktif memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat dengan terus memberikan pemahaman yang benar. 

"Dan pemerintah juga harus secepatnya menulusuri jejak dua orang yang terjangkit itu untuk kemudian secepatnya diambil langkah-langkah antisipatif di tempat-tempat yang pernah disinggahi dua orang tersebut," sambungnya.

Lebih lanjut Mukhtarudin juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tidak panik pasca pemerintah mengumumkan adanya dua warga terjangkit virus corona di Depok, Jawa Barat. 

"Saya mengimbau kepada masyarakat untuk tidak panik berlebihan apalagi sampai tidak keluar rumah. Karena virus ini sifatnya tidak menular melalui udara, tapi melalui kontak jarak dekat itupun dengan orang yang dinyatakan terjangkit, " katanya. 

"Jadi enggak usah panik, yang penting jaga daya tahan tubuh dan waspada. Serta di atas segalanya berdoa kepada Allah Swt Tuhan Yang Maha Esa agar terhindar dari segala macam penyakit," tambahnya lagi. 

Tidak lupa, Mukhtarudin juga meminta pimpinan DPR untuk segera mengambil langkah-langkah yang diperlukan dalam menghadapi kasus ini.

"Pimpinan DPR dan pimpinan komisi yang terkait mesti berkoordinasi dengan pemerintah dan bersama-sama menghadapi kondisi ini," pungkasnya.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo secara resmi mengumumkan adanya dua orang di Indonesia yang positif terjangkit virus Corona. Jokowi mengungapkan, dua warga negara Indonesia (WNI) tersebut sempat kontak dengan warga negara Jepang yang positif wabah tersebut.

"Orang Jepang ke Indonesia bertemu siapa, ditelusuri dan ketemu. Ternyata orang yang terkena virus corona berhubungan dengan dua orang, ibu 64 tahun dan putrinya 31 tahun," kata Jokowi di Istana Kepresidenan, Senin (2/3). 

 

Tulis Komentar
Komentar (0)
Lihat semua komentar

Top DPR Corner

Terkini

Dapatkan berita terkini setiap hari